Belum Dirilis, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Kebagian PPnBM 0%

Tim Detikcom - detikOto
Sabtu, 27 Feb 2021 12:29 WIB
Daihatsu Rocky.
Daihatsu Rocky jadi salah satu mobil yang dapat relaksasi pajak 0% (Astra Daihatsu Motor)
Jakarta -

Ada dua mobil yang belum dirilis dalam daftar penerima keringanan PPnBM 0% dari Kementrian Perindustrian. Mobil tersebut adalah Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Kementrian Perindustrian akhirnya resmi merilis daftar mobil yang dapat relaksasi PPnBM 0% mulai 1 Maret 2021. Hal tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 169 Tahun 2021 tentang Kendaraan Bermotor Dengan Pajak Penjuakan Atas Barang Mewah atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Ditanggung oleh Pemerintah Pada Tahun 2021.

Total ada 21 mobil yang masuk daftar dapat keringanan PPnBM. Menariknya, ada dua jenis mobil yang sejatinya belum resmi dirilis di Indonesia. Kedua mobil tersebut adalah Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky sudah lama dirumorkan akan segera meluncur di jalanan dalam negeri. Wujud kedua SUV tersebut sudah beberapa kali terekam kamera sedang melaksanakan uji jalan.

Selain itu, NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor Toyota Raize dan Daihatsu Rocky) juga sudah muncul di Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 1 Tahun 2021.

Dalam dokumen tersebut, termuat informasi bahwa Daihatsu Rocky dan kembarannya Toyota Raize bakal mengusung pilihan mesin 1.000 cc turbo dan 1.200 cc (N/A atau non-turbo).

Mesin 1.000 cc turbo ditandai dengan kode A250, sedang mesin 1.200 cc (N/A) pakai kode A251. Sementara kode kedua mobil ini ditandai sebagai RA untuk Raize dan RS untuk Rocky.

Soal Daihatsu Rocky, pada pekan ini Daihatsu malah sudah membocorkan keunggulan-keunggulan produknya itu. Di antaranya adalah mesin turbo, teknologi A.S.A. (Advanced Safety Assist).

21 Mobil Penerima Keringanan PPnBM

Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 169 Tahun 2021 yang tertanggal 26 Februari menyebut ada 21 jenis mobil yang menerima keringanan PPnBM. Mobil-mobil tersebut adalah:

1. Toyota Yaris (semua varian)
2. Toyota Vios (semua varian)
3. Yoyota Sienta (semua varian)
4. Daihatsu Xenia (semua varian)
5. Toyota Avanza (semua varian)
6. Daihatsu Grand Max Minibus (semua varian)
7. Daihatsu Luxio (semua varian)
8. Daihatsu Terios (semua varian)
9. Toyota Rush (semua varian)
10. Toyoyta Raize (semua varian)
11. Daihatsu Rocky (semua varian)
12. Mitsubisi Xpander (semua varian)
13. Mitsubishi Xpander Cross (semua varian)
14 Nissan Livina (semua varian)
15. Honda Brio RS (semua varian)
16. Honda Mobilio (semua varian)
17. Honda BRV (semua varian)
18. Honda HRV (semua varian)
19. Suzuki Ertiga (semua varian)
20. Suzuki XL7 (semua varian)
21. Wuling Confero (semua varian)



Simak Video "Diskon PPnBM, Toyota Raize Bisa Dicicil Rp 3 Jutaan Per Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)