Mobil Pintu Geser yang Bebas PPnBM, Harganya Lebih Murah Bulan Depan

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 21 Feb 2021 16:19 WIB
Toyota Sienta Welcab
PPnBM nol persen bulan depan, ini model mobil pintu geser yang dapat insentif Foto: Dok. Toyota-Astra Motor
Jakarta -

Terdapat beberapa varian mobil pintu geser atau sliding door di Indonesia. Namun tiga mobil pintu geser besutan Daihatsu - Toyota ini harganya bakal lebih murah pada Maret 2021.

Di Indonesia, mobil pintu geser diramaikan dari segmen low hingga premium, yakni dari Gran Max hingga Toyota Alphard. Namun untuk mobil premium seperti Alphard, Elgrand, dan Odyssey tak mendapat relaksasi kebijakan nol persen.

Sebab Pemerintah memberikan insentif penurunan tarif PPnBM (diskon pajak) untuk kendaraan bermotor segmen di bawah 1.500 cc kategori sedan dan 4x2. Selain itu kendaraan tersebut harus memiliki lokal konten di atas 70%.

Pun relaksasi PPnBM akan dilakukan secara bertahap, sebesar 0% pada Maret-Mei, lalu PPnBM 50% pada Juni-Agustus, dan terakhir PPnBM 25% di akhir tahun September-November.

Lalu mobil sliding door apa saja yang mendapat insentif bebas pajak barang mewah?

Satu merek dari Toyota ialah Sienta. Dalam catatan detikOto mobil MPV sliding door Toyota ini memiliki kandungan lokal 80 persen. Pun jantung pacunya saat ini dijejali mesin 1.497 berkode 2NR-FE, In-line 4 Cyl, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i yang sanggup memuntahkan tenaga sebesar 107 PS di 6.000 rpm dan torsi maksimal 14,2 Nm di 4.200 rpm.

Sementara dari harganya, per Februari 2021. Toyota Sienta saat ini dijual Rp 279,85 juta - Rp 315,65 juta.

"Lima model (termasuk Sienta) itu termasuk di kategori ini (di bawah 1.500 cc dan kandungan lokal di atas 70 persen)," ujarnya Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi dalam acara Auto2000 yang dikutip dari CNBC, Minggu (21/2/2021).

Dua mobil lainnya ialah besutan Daihatsu, yakni Gran Max dan Luxio. Keduanya juga termasuk dari mobil-mobil yang masuk ke dalam kategori bebas PPnBM nol persen.

Dari segi harga, per Februari 2021 Daihatsu Luxio saat ini dijual mulai dari Rp 205,95 juta - Rp 235,2 juta. Sedangkan Gran Max dibanderol mulai dari Rp 175,1 juta sampai Rp 191,1 juta.

Daihatsu sendiri memang belum secara resmi merilis informasi mengenai penurunan harga jual mobil setelah terdampak relaksasi PPnBM nol persen itu.

"Saya maaf sekali belum bisa menyampaikan angkanya, karena apa? Kita harus memperhatikan dulu juklak (petunjuk pelaksana) dan juknis (petunjuk teknis) dulu. Kalau kami mengeluarkan angkanya sekarang, kami khawatir akan melewati daripada yang seharusnya. Jadi mohon bersabar, nanti pada waktunya, mungkin minggu depan sudah bisa kita bisa rilis, kira-kira berapa penurunan dari model-model yang terkena dampak relaksasi, khususnya di model Daihatsu ini," bilang Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso saat konferensi pers beberapa waktu yang lalu.



Simak Video "Mantap! Road Trip Jakarta-Bali with Corolla Cross Hybrid"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)