Sedan Ini Didapuk Jadi Mobil Paling Aman di ASEAN

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 18 Feb 2021 07:40 WIB
Test Drive Honda Accord ke Bandung
Honda Accord dapat penghagraan mobil teraman dari ASEAN NCAP. Foto: Dok. Honda Prospect Motor
Jakarta -

Program penilaian untuk mobil-mobil baru yang ada di Asia Tenggara, ASEAN NCAP, menyelenggarakan penghargaan terhadap mobil-mobil yang telah diuji keamanannya. ASEAN NCAP menunjuk sedan Honda Accord sebagai mobil paling aman di Asia Tenggara.

Honda Accord menjadi pemenang ASEAN New Car Assessment Program (ASEAN NCAP) Grand Prix Awards 2020. Honda Accord berhasil mendapatkan 3 penghargaan dari kategori "Best Safety Performance" setelah melakukan proses tes pada bulan Juli 2019 lalu.

Honda Accord generasi ke-10 yang telah dianugerahi peringkat keamanan ASEAN NCAP Bintang 5, menerima 3 penghargaan dari kategori "Best Safety Performance" dalam "Adult Occupant Protection" (AOP) untuk perlindungan terhadap penumpang dewasa, "Child Occupant Protection" (COP) untuk perlindungan terhadap penumpang anak-anak, serta "Overall" (skor tertinggi dari keseluruhan penilaian).

Crash Test Honda Accord mendapatkan rating 5 bintangCrash Test Honda Accord mendapatkan rating 5 bintang Foto: ASEAN NCAP

Honda Accord generasi ke-10 mulai masuk di ASEAN pertama kali di negara Thailand pada Maret 2019, dan sejak itu memperluas penjualannya ke enam negara lain termasuk Indonesia.

Selain Honda Accord, ada beberapa mobil yang juga mendapat penghargaan di ASEAN New Car Assessment Program (ASEAN NCAP) Grand Prix Awards 2020. Salah satunya adalah sedan Honda City yang menerima penghargaan "ASEAN NCAP Excellent Award - Consistent 5 Star" setelah melakukan proses tes pada Maret 2020 lalu.

Honda City generasi ke-5 yang meraih peringkat keselamatan bintang 5 memenangkan "ASEAN NCAP Excellent Award - Consistent 5 Star" untuk keunggulan dan keselamatan bintang 5 yang sudah didapatkan secara berturut-turut dari generasi ke-3, ke-4 dan yang terakhir ke-5.

Selain Honda, mobil-mobil yang dijual di Indonesia yang juga mendapat penghargaan ada Isuzu D-Max, Toyota Corolla Altis, Toyota Hilux, dan Toyota Innova. Mobil-mobil itu menyabet penghargaan kategori "Continous Safety Improvement". Sementara Toyota didapuk menjadi "The Most 5-Star Brand (2019-2020)" atau merek dengan penilaian bintang 5 paling banyak tahun 2019-2020. Mitsubishi Xpander juga menyabet penghagraan dalam kategori "Most Viewed ASEAN NCAP YouTube Video" atau video YouTube ASEAN NCAP paling banyak ditonton.

"Penilaian roadmap terbaru kami baru saja berakhir tahun lalu dan karenanya, ini adalah waktu yang tepat bagi kami untuk menyelenggarakan Grand Prix Awards. Berbeda dengan tiga ajang Grand Prix sebelumnya, kami mengadopsi kebiasaan baru dalam menyelenggarakan acara ini karena kami tidak ingin menghalangi manfaat informasi penting terkait kinerja keselamatan kendaraan untuk diedarkan secara luas kepada konsumen dan pengguna jalan," kata Sekretaris Jenderal ASEAN NCAP dan Pjs Ketua, Khairil Anwar Abu Kassim.

"Selama bertahun-tahun kami melihat upaya besar telah dilakukan oleh produsen kendaraan untuk memastikan kendaraan mereka ditawarkan dengan fitur keselamatan terbaik bagi pengguna jalan raya. Dengan demikian, penghargaan ini akan memberi mereka keunggulan kompetitif dibandingkan model lain yang tidak menawarkan teknologi keselamatan tersebut meskipun teknologi keselamatan pasif yang lebih baik atau bantuan keselamatan canggih. Selain itu, karena ASEAN NCAP telah ada selama 10 tahun sekarang, kami ingin memberikan penghargaan tidak hanya pada model kendaraan tetapi juga organisasi atau individu yang telah bekerja sama dengan ASEAN NCAP dan terus berupaya untuk memastikan pentingnya keselamatan kendaraan. Saya berharap dapat bekerja sama dengan individu dan organisasi penting ini serta model kendaraan masa depan di bawah protokol penilaian NCAP ASEAN yang baru untuk tahun 2021-2025."

ASEAN NCAP adalah program penilaian untuk mobil-mobil baru yang ada di Asia Tenggara. Program ini bertujuan untuk mengevaluasi standar keselamatan kendaraan, meningkatkan kesadaran konsumen, dan mendorong pasar untuk kendaraan yang lebih aman di kawasan ASEAN. Uji tabrakan NCAP ASEAN dilakukan sebagai kolaborasi antara ASEAN NCAP dan Japan Automobile Research Institute (JARI).



Simak Video "Sopir Sedan yang Nyelonong ke Kebun Tembak Pacar Pakai Air Gun"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)