Bupati Jember Hendy Siswanto Beli Maung Pindad untuk Kendaraan Dinas, Pakai Uang Sendiri

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 16 Feb 2021 08:45 WIB
Bupati Jember Terpilih Beli Mobil Maung Buatan Pindad
upati Jember Terpilih Beli Mobil Maung Buatan Pindad. Foto: Instagram Hendy Siswanto. B
Jakarta -

Bupati Jember terpilih Hendy Siswanto akan menggunakan mobil Maung buatan PT Pindad. Mobil yang didesain segala medan itu telah dikirim oleh PT Pindad ke Hendy Siswanto.

"Senang rasanya berkesempatan beli dan menjadi bagian dari launching mobil Maung Pindad, produksi mobil asli dalam negeri buatan PT Pindad. Semoga ini dapat memotivasi warga Jember untuk bisa ikut berinovasi membuat karya yang dapat membanggakan Jember ke depan," kata Hendy seperti dikutip dari akun instagramnya.

Dalam video yang diunggah akun instagram @hendysiswantocenter, Hendy menyebut bahwa dirinya memilih Maung buatan Pindad karena mobil ini merupakan produk dalam negeri. Bahkan, dia berkomitmen untuk mempromosikannya.

"Buatan Pindad, dan kita akan mempromosikan kepada seluruh warga Jember dan Indonesia untuk memakai produk dalam negeri," katanya.

Menurut keterangan di akun instagram tersebut, Hendy Siswanto menjadi bupati pertama di Indonesia yang beli mobil Maung Pindad untuk kendaraan operasional. Dia menggunakan dana pribadi untuk membeli mobil Maung buatan Pindad ini.

[Gambas:Instagram]



"Selain berfungsi sebagai kendaraan taktis yang dirasa cocok untuk menempuh jalur perbukitan, pertimbangan untuk membeli mobil ini dari dana pribadi adalah sebagai bentuk apresiasi Haji Hendy atas karya anak negeri," tulis @hendysiswantocenter.

"Semoga ini memotivasi para pemuda untuk bisa berinovasi membuat karya sejenis yang dapat membanggakan Jember ke depan," kata Hendy.

Rantis Maung buatan Pindad ini memang akan dijual untuk masyarakat sipil. Rantis Maung dilepas PT Pindad (Persero) dengan banderol harga di kisaran Rp 600 juta. Tergantung tipe dan kelengkapannya nanti.

Direktur Utama PT Pindad (Persero), Abraham Mose, menyampaikan bahwa Pindad berkomitmen masuk ke pasar komersil untuk Rantis Maung versi sipil yang diperkirakan akan dirilis pada pertengahan tahun 2021.

Pindad juga saat ini masih dalam tahap pemenuhan Kendaraan Taktis Ringan Maung versi militer yang dipesan oleh Kementerian pertahanan.

Sebanyak 40 unit Maung telah dikirim dan diserahterimakan oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto kepada Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa di Rapat Pimpinan (Rapim) Kementerian Pertahanan pada Rabu, 13 Januari 2021 lalu. 40 unit Maung tersebut merupakan tahap pertama dari 500 unit Maung yang dipesan Kemhan.

Spesifikasi Rantis Maung

Rantis Maung buatan Pindad didesain memiliki kemampuan manuver yang gesit dan andal untuk mendukung mobilitas penggunanya di berbagai medan. Mobil dirancang memiliki kemampuan modular untuk difungsikan menjadi berbagai varian operasi.

PT Pindad (Persero) resmi memperkenalkan Kendraan Taktis (Rantis) Maung ke publik. Nah, seberapa gahar sih di medan ekstrem?PT Pindad (Persero) resmi memperkenalkan Kendraan Taktis (Rantis) Maung ke publik. Nah, seberapa gahar sih di medan ekstrem? Foto: Agung Pambudhy

Dari tampilannya, Rantis Maung tampak tangguh. Di bagian depan ada 4 lampu kotak yang dilapisi dengan tralis, motor winch (tali untuk menarik kendaraan) hingga 4,5 ton, serta Hi Lift jack yang membuat Rantis Maung terlihat siap melahap semua medan.

Sedangkan pada tampak samping terlihat Rantis Maung memiliki kaki-kaki yang dirancang sangat kuat berkat pemasangan suspensi depan independent, Coilover shock, dan long arm. Pada bagian suspensi belakang, Maung menggunakan Rigid, Coilover shock, dan four link arm.

Selanjutnya kemudahan untuk mengubah penggerak roda dari 2 wheel atau 4 Wheel juga dirasakan siapa saja yang mengendarai Rantis Maung. Karena pada bagian center dashboard pengendara cukup mengubah penggerak dari 2 Wheel menjadi 4 Wheel dengan memutarkan tombol.



Simak Video "Jajal Langsung Maung Buatan Pindad"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)