Tesla Mau Bikin Mobil Listrik Murah di China, Harga Cuma Rp 350 Jutaan, Mau?

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Kamis, 11 Feb 2021 15:43 WIB
mobil listrik Tesla Model 3 Facelift
Tesla akan bikin mobil listrik murah di China (dok. Prestige)
Jakarta -

Tesla berencana membuat mobil listrik murah meriah dari pabriknya yang berlokasi di China. Rencananya mobil tersebut dibanderol dengan harga hanya Rp 350 juta saja. Mau?

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Presiden Tesla China, Tom Zhu dalam wawancara dengan Xinhua Net, sebagaimana dikutip dari insideevs.

Zhu menjelaskan mobil murah Tesla tersebut akan dirancang dan didesain oleh pusat penelitian Tesla Gigafactory yang berada di Shanghai. Menariknya, mobil listrik Tesla harga murah itu tak cuma dijual di China, melainkan bakal dijual ke seluruh dunia.

Namun sebelum membuat mobil murahnya, Zhu bersama tim Tesla terlebih dahulu membangun sebuah pusat penelitian dan pengembangan (R&D) yang khusus untuk merancang mobil listrik kompak. Tempat penelitian tersebut akan jadi yang pertama dibangun di China, serta yang pertama di luar AS.

"Kami sekarang sedang membangun pusat penelitian dan pengembangan, ini merupakan pusat yang pertama di luar AS. Nantinya pusat penelitian dan pengembangan tersebut akan memenuhi segala ilmu dan pemahaman yang diperlukan meliputi desain kendaraan, teknik kendaraan, pengembangan kendaraan serta pengujian kendaraan," ujar Tom Zhu.

Dirinya juga menjelaskan bahwa Tesla China memiliki tujuan untuk merancang, mengembangkan dan memproduksi mobil asli Tesla dan kemudian dijual ke seluruh dunia. Untuk harga, Zhu menargetkan mobil tersebut dijual USD 25.000 atau sekitar Rp 350 juta.

"Di masa depan, kami ingin merancang, mengembangkan serta memproduksi model (Tesla) asli China. Kemudian akan diproduksi di sini dan dijual ke seluruh dunia. Maka pusat penelitian dan pengembangan ini adalah titik awal dari tujuan utama tersebut," kata Zhu.

Apabila rencana tersebut bisa tercapai, ini merupakan keluaran mobil Tesla termurah yang pernah dijual. Jika dibandingkan dengan harga Tesla di pasar AS, mobil paling murah yang dijual merupakan Model 3 yang dihargai USD 38 ribu atau sekitar Rp 531 juta.

Belum diketahui secara pasti mobil listrik seperti apa yang dikeluarkan oleh Tesla China. Namun spekulasi yang beredar mobil ini mengusung hatchback dengan desain tak jauh berbeda dari Tesla Model 3.



Simak Video "Ngulik Tesla Model 3 Milik Polri untuk Patroli"
[Gambas:Video 20detik]
(din/riar)