Mobnas Vietnam Vinfast Dapat Izin Uji Coba Teknologi Otonom di AS

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 09 Feb 2021 10:42 WIB
VinFast
Mobil listrik VinFast Foto: VinFast
Jakarta -

Vinfast, pabrikan mobil asal Vietnam sudah meluncurkan tiga mobil listrik self driving dengan model Sport Utility Vehicles (22/1). Kini Vinfast mengantongi izin uji coba mobil otonom itu di wilayah California, Amerika Serikat.

Badan manajemen kendaraan California mengatakan VinFast baru saja menerima sertifikat untuk menguji Izin Uji Kendaraan Otonom di jalan umum di negara bagian itu. Situs web California Vehicle Administration mencantumkan nama Vingroup USA pada daftar unit yang diizinkan untuk menguji kendaraan di negara bagian California.

Seperti kebiasaan di AS, sebelum dikomersialkan di pasar ini, model kendaraan listrik dengan teknologi otonom harus melalui prosedur dan disertifikasi oleh Agency for self-driving vehicle testing (ATVP).

Menurut situs web Der Letzte, VinFast of Vietnam adalah perusahaan ke-57 yang mendapatkan lisensi. Di daftar tersebut juga terdapat banyak merek besar di sektor otomotif dan teknologi seperti Aimotive INC, Ambarella Corporation, Tesla, Apple, dan Volkswagen.

Dikutip dari Zing.vn, Selasa (9/2/2021) Alasan mengapa perusahaan memilih kawasan California untuk menguji mobil yang menampilkan teknologi modern karena negara bagian merupakan ibu kota dari perusahaan dan personel teknologi berkualitas tinggi.

Selain itu, California juga memiliki Silicon Valley (Silicon Valley) - salah satu tempat terkaya di dunia yang dikenal sebagai pusat inovasi teknologi global.

Dengan didirikannya Institut Litbang dan mendapat izin lisensi di AS, VinFast berniat untuk segera membawa mobil listrik pintar Vietnam ke negeri paman sam tersebut.

Seperti diketahui VinFast meluncurkan tiga model dalam bentuk Sport Utility Vehicles sekaligus, yakni VF31, VF32, dan VF33.

VinFastVinFast F32 Foto: VinFast

Dalam keterangan resmi yang diterima detikcom, Jumat (22/1/2021) ketiga mobil tersebut dibekali fitur pintar, bahkan sudah ditanamkan teknologi otonom atau berkendara tanpa sopir hingga level 4.

VinFastVinFast F33 Foto: VinFast

VF32 dan VF33 bisa dipesan di AS dan pasar Kanada dan Eropa pada November 2021. Sedangkan VF31 diharapkan bisa dipesan di Vietnam mulai Mei 2021, dan diserahkan kepada pelanggan mulai November 2021.



Simak Video "Mobil Tanpa Sopir Versi Toyota"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)