Wow, Diam-diam Porsche Bikin Pabrik Perakitan di Malaysia

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 07 Feb 2021 15:59 WIB
Logo mobil Porsche
Logo Porsche Foto: Niken Purnamasari
Kuala Lumpur -

Pabrikan mobil asal Jerman, Porsche dirumorkan bakal membuka fasilitas perakitan mobil di Malaysia. Ini jadi salah satu upaya Negeri Jiran mengejar ketertinggalan investasi di sektor otomotif dari Indonesia dan Thailand.

Diwartakan The Edge, Porsche sedang mendirikan pabrik perakitan di Malaysia, dan ingin menjadikan negara itu sebagai pusat kegiatan di Asia Tenggara.

"Ada cukup banyak investasi besar yang masuk ke Malaysia di bidang otomotif, namun pemerintah belum mengumumkannya. Karena pandemi Covid-19 dan movement control order (MCO), banyak pelaku tidak bisa datang ke Malaysia, "kata seorang sumber kepada The Edge, seperti dikutip detikcom, Minggu (7/2/2021).

"Pengumuman itu harus dilakukan bersama. Mereka adalah nama-nama besar; pemerintah tidak bisa begitu saja mengadakan konferensi pers dan mengumumkan investasi, "tambah sumber itu.

Langkah Porsche akan menjadi dorongan yang sangat dibutuhkan ke Malaysia, yang tertinggal dari Indonesia dan Thailand dalam mengamankan investasi besar oleh pembuat mobil global, kata laporan itu.

Sumber lain menyebutkan insentif untuk investasi tersebut telah disetujui oleh Kementerian Keuangan Malaysia. Porsche disebut akan menyiapkan operasi perakitan di Malaysia, yang pertama di luar Jerman.

Menurut The Edge, fasilitas tersebut akan berlokasi di Kulim, Kedah, dan partner lokalnya adalah Inokom, anak perusahaan Sime Darby. Sime Darby telah menjadi distributor lokal Porsche sejak 2010. Selain itu Inokom juga mengoperasikan fasilitas pabrik perakitan seperti BMW dan Hyundai.

Christian Weiss, wakil direktur komunikasi korporat Porsche, mengatakan Asia Tenggara memiliki potensi besar dan perusahaan terus memeriksa opsi untuk pertumbuhan lebih lanjut di pasar ini.

Pabrikan Eropa seperti Volkswagen, BMW, dan Mercedes-Benz saat ini mulai merakit mobil di Indonesia. Porsche yang juga merek asal Jerman saat ini dijual secara resmi lewat PT Eurokars Artha Utama dan diimpor secara utuh dari Jerman.



Simak Video "Dirlantas Polda soal Konvoi Porsche Dikawal Dishub: Itu Kewenangan Polri"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)