Ridwan Kamil Pamer Mobil Polisi Pertama di RI yang Pakai Tenaga Listrik

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 07 Feb 2021 09:04 WIB
Mobil polisi pertama di Indonesia yang pakai kendaraan listrik
Mobil polisi pertama di Indonesia yang pakai kendaraan listrik. Foto: Screenshot Instagram @ridwankamil
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, memamerkan mobil polisi pertama di Indonesia yang menggunakan tenaga listrik. Mobil listrik ini digunakan oleh satuan patroli dan pengawalan di lingkungan pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Ini mobil polisi pertama di Indonesia yang menggunakan mobil listrik. Mobil patwal yang bertugas di kantor Gubernur Jawa Barat," tulis Ridwan Kamil, di akun Instagram pribadinya, Minggu (7/2/2021).

Menurut pria yang akrab disapa Kang Emil, penggunaan mobil listrik sebagai armada patwal polisi merupakan gaya hidup ramah lingkungan dan juga ramah penghasilan.

"Selain tidak merilis polusi dan kebisingan ke udara, Alhamdulillah banyak sekali menghemat biaya dan anggaran bulanan dibandingkan kendaraan bensin," sambung Ridwan Kamil.

Jika diperhatikan, mobil listrik yang dijadikan sebagai armada mobil polisi itu adalah Hyundai Kona electric. Mobil bergaya SUV ini sejatinya baru dirilis di Indonesia pada November 2020 lalu.

Sebagai informasi, Hyundai Kona electric punya bentuk dan kontur sporty layaknya SUV Crossover namun futuristis. Pada bagian muka menggunakan gril tertutup, dengan lampu khas unik yang berasal dari lampu depan LED ke Day Running Light (DRL). Sementara pada bagian kaki-kakinya menggunakan pelek dengan desain palang minim lubang berukuran 17 inch.

[Gambas:Instagram]


Secara dimensi Hyundai Kona Electric ini punya panjang 4.180 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.555 mm. Selayaknya mobil crossover, Hyundai Kona Electric ini punya ground clearance sebesar 158 mm.

Soal fitur, mobil ini dilengkapi Drive Mode Select, Rear View Monitor with Dynamic Parking Guides, Parking Distance Warning, Tire Pressure Monitoring System, Hill Start Assist (HSA), 6-point air-bag, dan Electronic Parking Brake.

Jarak tempuh Kona Electric mencapai 345 km berdasarkan NEDC dan 289 km (berdasarkan WLTP) dalam sekali pengisian daya. Pengisian daya penuh dapat dicapai dalam 54 menit dengan pengisian cepat (pengisian nol hingga 80 persen @ 100 kW).

Mobil ini menggunakan motor listrik sinkron bermagnet permanen dengan efisiensi tinggi sebesar 100 kW (136PS) yang disuplai baterai lithium ion 39,2 kWh, dan menumpahkan torsi 395Nm yang didistribusikan melalui roda depan.

Hyundai Kona Electric tersedia dalam warna Chalk White, Galactic Grey, Dark Knight, dan Pulse Red, dengan harga Rp 674.800.000 (OTR Jakarta dan untuk kepemilikan mobil pertama).



Simak Video "Kian Mesra, PAN Tegaskan Belum Ada Deal Politik dengan Ridwan Kamil"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)