Setir Pesawat di Mobil Tesla Ilegal?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 01 Feb 2021 18:55 WIB
Tesla Model S
Setir pesawat di mobil Tesla. Foto: Tesla
Jakarta -

Belum lama ini, bos Tesla Elon Musk mengejutkan dunia otomotif dengan pembaruan Tesla Model S yang cujkup signifikan. Selain speknya yang sangat mumpuni di mana Model S Plaid+ bisa berakselerasi 0-96 km/jam kurang dari dua detik, Tesla Model S terbaru memiliki interior yang serba baru.

Tesla Model S terbaru disebut bisa berlari hingga kecepatan 200 mil per jam atau setara 321 km/jam. Jarak tempuh sekali ngecas dikatakan bisa mencapai 836 km.

Yang unik adalah interior baru Tesla Model S. Mobil listrik itu menggunakan setir yoke seperti sebuah pesawat. Hal ini cukup berbeda dengan mobil pada umumnya. Biasanya, setir mobil berbentuk lingkaran. Mungkin beberapa mobil sport memiliki setir yang bagian bawahnya rata. Tapi setir Tesla Model S terbaru ini seperti yoke sebuah pesawat.

Ini adalah kendaraan produksi modern pertama yang setir selain berbentuk lingkaran. Dengan setir berbentuk seperti setor pesawat, mungkin ini akan menyulitkan penggunanya.

Banyak yang meragukan apakah bentuk setir seperti ini legal atau tidak karena dikhawatirkan bisa menyulitkan penggunanya. Laman Road & Track mengkonfirmasi kepada Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional Amerika Serikat (NHTSA). Namun, pihak NHTSA sendiri belum bisa memastikan legalitasnya.

"Saat ini, NHTSA tidak dapat menentukan apakah roda kemudi (seperti pesawat yang ada di mobil Tesla) memenuhi Standar Keselamatan Kendaraan Bermotor Federal. Kami akan menghubuungi produsen mobil untuk informasi lebih lanjut," kata NHTSA.

Interior Terbaru Tesla Model SInterior Terbaru Tesla Model S Foto: Tesla

Tesla memutuskan memasang setir berbentuk persegi empat. Setir dengan wujud seperti ini kerap dilihat pada pesawat jet pribadi, dan digunakan oleh mobil KITT pada serial televisi The Knight Rider yang tayang tahun 1980 sampai 1990-an.

Desain yang mengejutkan itu langsung menyulut perdebatan di media sosial. Tanggapan positif umumnya datang dari fans Tesla. Mereka menganggap desain setir itu menunjukkan ambisi dan ketegasan Tesla sebagai pelopor mobil masa depan.

"Tesla punya wujud futuristis" dan "Tesla berpikiran maju dan menjadi yang terbaik dalam desain" merupakan sanjungan yang diucapkan Gene Munster dari Loup Ventures yang dikenal sebagai pengagum Tesla.

Sementara itu beberapa media otomotif juga menyoroti bentuk setir Tesla yang dianggap tidak praktis. Penilaian tersebut diberikan dengan asumsi akan mengurangi akurasi hingga kenyamanan mengemudi terutama saat harus memutar penuh setir baik ketika berbelok ataupun parkir.

"Sebenarnya menggunakan 'yoke-style' setir di mobil sangat-sangat mengganggu, karena tidak akan nyaman memutar secara penuh kemudi saat parkir atau membelok/memutar di sudut sempit. Tidak jelas apakah Tesla telah mengubah rasio setirnya untuk mengatasi masalah ini," tulis The Drive.



Simak Video "Mantap! Beli Mobil Tesla Bisa Pakai Bitcoin"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)