SSC Tuatara, Inilah Mobil Tercepat Dunia

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 29 Jan 2021 18:34 WIB
SSC Tuatara
SSC Tuatara. Foto: JAMES LIPMAN / SSC Northamerica
Jakarta -

Tahun lalu, SSC Tuatara diklaim sebagai mobil produksi massal tercepat dunia. Namun, banyak yang meragukan klaim tersebut. SSC Tuatara pun dilakukan tes ulang.

Uji coba kedua dilakukan pada Desember 2020 di Johnny Bohmer Proving Grounds yang terletak di Fasilitas Peluncuran dan Pendaratan (LLF) Space Florida, Kennedy Space Center. Tapi karena mobil mengalami masalah mesin, upaya kedua dibatalkan.

Akhirnya, upaya ketiga dilakukan pada 17 Januari 2021 lalu. SSC Tuatara berhasil menyabet gelar mobil tercepat di dunia dan terbukti.

Hypercar tersebut berhasil mencapai kecepatan tertinggi rata-rata dua arah 455,3 km/jam. Meski tidak secepat upaya pertama yang dilakukan pada Oktober tahun lalu, rekor itu cukup untuk mengalahkan pemegang rekor sebelumnya, Koenigsegg Agera RS, yang mencapai 446,97 km/jam (277,87 mph) pada tahun 2017.

Sesuai aturan Guinness World Records, semua mobil yang bersaing memperebutkan rekor harus melakukan dua putaran bolak-balik, dengan perhitungan kecepatan rata-rata di kedua arahnya.

SSC TuataraSSC Tuatara Foto: JAMES LIPMAN / SSC Northamerica

Pada pacuan pertama, SSC Tuatara mencapai kecepatan 450,1 km/jam ke utara. Kemudian di arah sebaliknya ke selatan, mobil ini bisa dipacu hingga 460,4 km/jam.

Untuk memastikan bahwa tidak ada keraguan, SSC memanfaatkan Racelogic USA untuk memberikan bantuan teknis dalam mengukur dan memvalidasi uji coba kecepatan tinggi. Data kecepatan dan waktu dikumpulkan oleh sistem GNSS Racelogic VBOX 3i 100Hz.

Jim Lau, yang merupakan direktur teknis Racelogic USA, berada di lokasi untuk menginstal dan memverifikasi data yang direkam oleh sistem. VBOX Video HD2 juga digunakan untuk merekam kecepatan video onboard, dengan rekaman video tersedia untuk umum.

Sementara SSC menyewa pembalap profesional Oliver Webb untuk percobaan pertamanya, percobaan ketiga dilakukan oleh Larry Caplin. Caplin yakin Tuatara mampu menembus rekor 482,803 km/jam.

"Kami mengambil pendekatan berbeda kali ini dalam mengakselerasi mobil ke kecepatan yang lebih tinggi. Larry Caplin, pemilik mobil, menggunakan gaya akselerasi 'drag race' selama mencatatkan rekor lari, menarik gas penuh dan meningkatkan kecepatan selama 40-50 detik," kata CEO SSC Jerod Shelby.

[Gambas:Youtube]






Simak Video "Mobil Listrik Tercepat di Dunia Ini Hanya Dibuat 50 Unit"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)