Ini Spek Ferrari Sitaan Negara yang Dilelang Rp 6,4 M

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 25 Jan 2021 16:28 WIB
Ferrari Selundupan yang Disita Negara Dilelang Rp 10 Miliar
Ferrari 458 Speciale yang dilelang negara Rp 6,4 miliar. Foto: Dok. KPKNL Palembang
Jakarta -

Sebuah Ferrari 458 Speciale dilelang negara. Mobil itu merupakan barang rampasan dari kasus penyelundupan. Dilaporkan sebelumnya, Ferrari 458 Speciale ini diselundupkan dari Singapura ke Palembang.

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) kembali melelang mobil mewah rampasan tersebut. Sebelumnya, mobil ini dilelang dengan nilai limit Rp 10 miliar. Namun karena tidak ada peminat, Ferrari 458 Speciale ini dilelang kembali dengan nilai limit RP 6,4 miliar.

Mobil mewah asal Italia ini dibawa secara ilegal oleh terdakwa M Hatta Ansori, yang merupakan staf perusahaan impor PT Bintika Bangun Nusa (Palembang).

Soal Ferrari 458 Speciale, mobil ini pertama kali diperkenalkan di Frankfurt Motor Show 2013. Di balik kapnya, terdapat mesin V8 4.5-liter dengan power maksimal mencapai 605 dk. Dengan tenaga sebesar itu, Ferrari 458 Speciale termasuk salah satu mobil jalanan terkencang di dunia.

Ferrari Selundupan yang Disita Negara Dilelang Rp 10 MiliarFerrari Selundupan yang Disita Negara Dilelang Rp 6,4 Miliar. Foto: Dok. KPKNL Palembang

Mesin V8 tersebut mampu menyemburkan tenaga besar dan memiliki bobot yang ringan. Wajar jika Ferrari 458 Speciale ini dinobatkan sebagai salah satu mobil tercepat.

Berat kering mobil ini hanya 1.290 kg, lebih ringan 90 kg dari Model 458 versi standar. Selain itu, Ferrari Model 458 Speciale juga mendapat sistem aerodimika yang baru, sehingga membuat mobil ini tetap stabil.

Soal performa, Ferrari Model 458 Speciale bisa berakselerasi dari posisi diam sampai kecepatan 100 km/jam hanya dalam waktu 3 detik. Akselerasi 0-200 km/jam hanya 9,1 detik. Untuk mendukung kinerjanya, Ferrari 458 Speciale dilengkapi fitur Side Slip Control (SSC) dan kontrol traksi.

Berdasarkan penelusuran detikOto ke importir mobil mewah, Ferrari 458 Speciale yang dilelang Rp 6,4 miliar ini tergolong murah. Sebab, harga Ferrari 458 Speciale yang sudah masuk Indonesia saat ini tembus di atas Rp 10 miliar.

"(Harga Rp 6,4 miliar) sangat murah kalau ini sudah termasuk pajak impor barang dan PPnBM (pajak penjualan atas barang mewah). Yang dikhawatirkan adalah ketika sudah bayar Rp 6,4 miliar lalu masih harus bayar PIB, PPNBM, PPH, PPN, maka angkanya akan jauh di atas Rp 10 miliar," kata salah satu importir mobil mewah yang tidak ingin disebutkan namanya.

Menurutnya, Ferrari 458 Speciale ini di Indonesia bisa dijual dengan harga Rp 14 miliar untuk pasaran saat ini. "Harga dulu sih ga segitu (lebih murah). Tiba-tiba naik karena limited. Jadi yang udah pada di Indonesia ikutan naik," katanya.



Simak Video "Ibrahimovic Pamer Ferari Terkencang Miliknya, Seperti Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)