Bamsoet Apresiasi Program Bantuan Hukum dari Komunitas Otomotif Ini

Yudistira Imandiar - detikOto
Rabu, 20 Jan 2021 13:01 WIB
Bambang Soesatyo
Foto: MPR
Jakarta -

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang juga menjabat Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) mendukung pengurus Maserati Club Indonesia menjalankan berbagai kegiatan sosial. Salah satu program yang dijalankan para pemilik mobil dari pabrikan asal Bologna, Italia itu, yakni memberikan bantuan hukum gratis kepada masyarakat melalui Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI).

Dalam pertemuan dengan pengurus Maserati Club Indonesia, Bamsoet menilai program bantuan hukum tersebut mencerminkan sebuah teladan dari paguyuban otomotif. Perkumpulan mereka juga memberikan manfaat bagi masyarakat lain. Hadir dalam pertemuan itu pengurus Maserati Club Indonesia yang juga pengurus Himpunan Advokat Muda Indonesia, antara lain Sunan Kalijaga, Sonny, Agus Nahak, Erik, dan Sukardi.

"Langkah tersebut merupakan terobosan dari sebuah komunitas otomotif. Anggota Maserati yang berasal dari beragam profesi, memaksimalkan potensi mereka untuk membantu masyarakat. Dimulai dari yang berprofesi sebagai advokat memberikan bantuan hukum secara gratis kepada masyarakat. Ke depan, anggota dengan berbagai profesi juga bisa dimaksimalkan dalam berbagai cara. Langkah ini juga patut dicontoh komunitas otomotif lainnya," ujar Bamsoet, Rabu (20/1/2021).

Selain itu, Bamsoet menyarankan agar Himpunan Advokat Muda Indonesia membuat aplikasi digital yang memudahkan masyarakat kurang mampu untuk mendapatkan bantuan hukum. Lewat aplikasi tersebut masyarakat bisa tersambung dengan para pengacara yang bergabung di Himpunan Advokat Muda Indonesia.

"Memberikan bantuan hukum secara gratis kepada masyarakat (pro bono) merupakan salah satu wujud pengabdian advokat dalam menjalankan profesinya sebagai salah satu pilar penegak supremasi hukum dan Hak Asasi Manusia. Apalagi kondisi di masyarakat masih banyak yang kesulitan mendapatkan bantuan hukum lantaran keterbatasan materi," papar Bamsoet.

Ia memaparkan data dari Lembaga Bantuan Hukum Jakarta mencatat rata-rata setiap tahunnya ada 1.400 pengaduan berbagai persoalan hukum. Terbesar di sektor perburuhan atau ketenagakerjaan, keluarga, utang piutang, maupun pidana umum.

"Di daerah juga banyak ditemui persoalan sengketa tanah yang seringkali dihadapi masyarakat dengan pelaku usaha swasta. Bahkan tak jarang juga ditemui kriminalisasi yang dilakukan korporasi terhadap masyarakat. Kehadiran anggota Maserati Club Indonesia melalui Himpunan Advokat Muda Indonesia akan membawa harapan besar bagi masyarakat untuk mendapatkan keadilan hukum," ulas Bamsoet.

(mul/mpr)