Pentingnya Kendaraan Komersial untuk Toyota

M Luthfi Andika - detikOto
Selasa, 19 Jan 2021 13:58 WIB
Toyota New Hilux
Toyota New Hi-Lux Foto: Toyota Astra Motor
Jakarta -

Jangan meremehkan kendaraan komersial ya detikers, karena selain ikut membangun pertumbuhan perekonomian, kendaraan komersil juga kerap menjadi tulang punggung penjualan kendaraan bagi beberapa pabrikan.

Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen pemegang merek Toyota di Indonesia sadar akan hal tersebut. Untuk itu Toyota menilai kendaraan komersial memiliki peran yang sama penting dengan kendaraan penumpang.

"Komersial sama pentingnya untuk kami dengan passenger, karena kebutuhannya juga berbeda. Kalau di lihat di Toyota, segmen komersial termasuk yang cukup baik recovery-nya," ujar Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmy Suwandi.

Anton mengatakan kendaraan komersial Toyota mulai bangkit sejak kuartal ke-4 2020 akibat pandemi.

Toyota New HiluxToyota New Hilux Foto: Toyota Astra Motor

"Sejalan dengan penurunan di kuartal 2 sekitar 45 persen jika dibandingkan dengan kuartal 1 menjadi rata-rata di level 490-an unit retail. Pada kuartal 3 mengalami peningkatan menjadi rata-rata 570-an unit per bulan, bahkan di kuartal 4 bisa kembali ke level yang mirip dengan kuartal 1 dengan rata-rata 900 unit per bulan," kata Anton.

"Faktor yang mempengaruhi memang cukup banyak di komersial, baik kondisi ekonomi maupun pendekatan fleet yang bisa tiba-tiba hold tetapi bisa juga jalan, karena posisinya sebagian besar sebagai barang ekonomi. Ke depan tentu akan kita review terus, seperti halnya di 2020 kemarin kami juga luncurkan Hi-Lux baru untuk support komersial," Anton menambahkan.



Simak Video "Alasan Toyota Recall Mobil Innova dan Fortuner"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)