Honda Brio Jadi Mobil Terlaris, Pamor Low MPV Mulai Pudar?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 18 Jan 2021 11:18 WIB
Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan Brio generasi kedua di GIIAS 2018. Kini, desain Brio jauh lebih segar dengan pembaruan eksterior.
Honda Brio jadi mobil paling laris. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Pasar otomotif tahun 2020 memang cukup berbeda. Di tengah pandemi COVID-19 dan penjualan mobil yang menurun, daftar mobil terlaris di Indonesia pun berbeda.

Biasanya tiap tahun Toyota Avanza selalu memuncaki daftar mobil terlaris di Indonesia. Tapi tahun 2020, Honda Brio dan Suzuki Carry menggeser Avanza dari daftar mobil terlaris di Indonesia.

Honda Brio (termasuk Brio RS dan LCGC Brio Satya) menjadi mobil yang paling laris di Indonesia sepanjang 2020. City car Honda tersebut terjual sebanyak 40.879 unit berdasarkan data penjualan mobil secara wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

"Kami bersyukur Honda Brio menjadi mobil terlaris tahun 2020," kata Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy, kepada detikcom, Senin (18/1/2021).

Honda menggelar test drive Honda Brio di BaliHonda Brio jadi mobil terlaris di Indonesia 2020. Foto: PT Honda Prospect Motor

Padahal, biasanya low MPV penjualannya paling banyak. Apakah pamor low MPV memudar?

Menurut Billy, pasar mobil city car dan LCGC tidak terlalu mengalami perubahan dibanding tahun sebelumnya. Billy menyebut, pasar yang diisi oleh Honda Brio itu menyumbang sekitar 23% penjualan mobil secara nasional.

Meski begitu, pasar low MPV memang turun. Berdasarkan data wholesales Gaikindo, low MPV milik Honda, Mobilio, terdistribusi sebanyak 5.668 unit.

Billy mengatakan, pangsa pasar low MPV turun dari 22% pada tahun 2019 menjadi 16% pada 2020. "Sedangkan market LSUV meningkat 11% ke 15%," kata Billy.

"Perlu diketahui pula, di masa pandemi ini peningkatan kendaraan niaga atau commercial car cukup tinggi dari 25% ke lebih dari 30%. Karena kendaraan seperti ini sangat diperlukan di masa pandemi ini," ucapnya.



Simak Video "Kahitna Bikin Baper Penonton di Festival Toyota Sebangsa Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)