Canggih! China Uji Jalanan Pintar, Cocok buat Mobil Autopilot

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 18 Jan 2021 08:02 WIB
China Kembangkan Jalanan Cerdas untuk Kendaraan Otonom
China Kembangkan Jalanan Cerdas untuk Kendaraan Otonom. Foto: Istimewa.
Wuxi -

Mobil otonom yang bisa dikendalikan sopir menjadi tren masa depan. Saat ini saja mobil dengan fitur autopilot sudah banyak beredar di Bumi. Dengan fitur tersebut, mobil bisa melaju sendiri menuju tempat yang dituju tanpa dikendalikan oleh sopir manusia.

Dorongan teknologi kendaraan otonom ini membutuhkan dukungan lain. Salah satunya adalah jalanan cerdas yang bisa membantu penggunaan kendaraan otonom.

China saat ini tengah mengembangkan jalanan cerdas tersebut. Dengan bantuan perusahaan teknologi lokal, China berharap dapat membangun jaringan jalan yang sesuai dengan kendaraan otonom.

Volvo serius kembangkan mobil autonomous.Konsep mobil otonom, bisa melaju sendiri tanpa disetir. Foto: Pool (Carscoops)

Dilaporkan Autoevolution, Huawei dan beberapa mitra domestik saat ini sedang menguji coba sebuah jalan cerdas sepanjang 4 km di kota Wuxi di Jiangsu. Jalan cerdas tersebut bakal bertukar informasi dengan kendaraan otonom yang dikendalikan tanpa sopir.

Pastinya, jalan cerdas ini telah dilengkapi dengan sensor, kamera dan radar. Semuanya berfungsi untuk mengumpulkan dan mengirimkan informasi ke mobil terdekat.

Huawei sedang menguji kemampuan jalan cerdas itu dengan sebuah bus yang dibangun khusus bernama X-Bus. Bus itu dikendalikan oleh jaringan khusus yang bertugas menganalisis semua data. Bus dapat secara otomatis mengajukan permintaan khusus kepada jalan cerdas itu, misalnya meminta lampu hijau ketika perlu mencapai halte tertentu lebih cepat dan tetap sesuai jadwal. Sedangkan jalan cerdas itu sendiri dapat memberikan informasi seperti kondisi lalu lintas.

"Kendaraan otonom adalah tren yang tak tertahankan, tapi setiap kendaraan yang terisolasi saja tidak dapat melakukannya. Satu-satunya solusi adalah mendapatkan lebih banyak informasi dari jalan raya," kata Presiden Bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi Huawei, Jiang Wangcheng.

Namun, uji coba ini baru permulaan. Kemungkinan bakal memakan waktu untuk meneliti jalanan cerdas untuk mobil otonom.

Sementara itu, Huawei belum tertarik menggarap mobil otonom. Perusahaan teknologi asal China itu lebih memilih mengembangkan infrastruktur yang dapat membuat kendaraan otonom beroperasi lebih efisien.



Simak Video "Huawei Rilis Ponsel Lipat Mate X2 di China"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)