Vaksinasi COVID-19 Dimulai, Industri Otomotif Berharap Cepat Pulih

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 14 Jan 2021 14:49 WIB
Kegiatan ekspor mobil terus dilakukan meski di tengah pandemi COVID-19. Pasalnya, kegiatan ekspor merupakan salah satu pemasukan devisa ke negara.
Industri otomotif diharapkan pulih setelah ada vaksinasi COVID-19. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Indonesia memulai program vaksinasi COVID-19. Program vaksinasi ini menimbulkan secercah harapan untuk industri otomotif setelah terpuruk karena pandemi COVID-19.

Tahun lalu, penjualan mobil anjlok. Pandemi COVID-19 yang membuat daya beli melemah hingga produksi yang tersendat menyebabkan penjualan mobil anjlok. Kini, ada harapan setelah vaksinasi dilaksanakan.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam.

"Ya sebenarnya kalau kita lihat dari index confidence masih di level rata-rata lah. Tapi ekspektasinya tinggi, jadi memang di otomotif ini ekspektasinya tinggi. Cuma orang masih melihat situasi COVID saat ini. Harapannya sih pertama memang COVID itu harus ditangani, supaya kasus hariannya tuh bisa menurun. Dan kalau menurun itu menurut saya ekspektasinya akan meningkat, apalagi ditambah dengan vaksin dan stimulus. Kombinasi tiga ini menurut saya bisa me-multiple confidence (di industri otomotif), sehingga kita bisa cepat recovery," kata Bob kepada detikOto, Kamis (14/1/2021).

Menurut Bob, yang terpenting industri otomotif Indonesia harus memimpin perubahan karena setelah COVID-19 reda pasti ada perubahan konsolidasi bisnis. Sebab, Indonesia sendiri menjadi salah satu pemain industri otomotif terbesar di ASEAN bersama Thailand.

"Kalau kita ketinggalan ya kita nggak bisa mimpin perubahan, supaya Indonesia bisa tetap mempertahankan posisinya sebagai players di otomotif. Kan kita jadi players di Asia Tenggara, dan di dunia Asia Tenggara jadi players, selain Amerika, Jepang untuk eksportir. Nah kita menjadi players di Asia Tenggara bersama Thailand. Harapannya kita bisa tetap menjadi players dan bisa memimpin perubahan karena after covid ini pasti terjadi perubahan," sebutnya.

Sementara itu, 4W Marketing Director PT SIS, Donny Saputra, berharap setelah adanya vaksinasi COVID-19 pasar otomotif di Indonesia bisa pulih kembali.

"Tentunya ini kan kami melihatnya sebagai progress dalam penanganan pandemi. Harapan kami tentunya juga dengan adanya progress ke arah yang baik harapannya market juga lebih baik," ujar Donny dihubungi terpisah.

Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, pun berharap yang sama. Dengan adanya program vaksinasi produktivitas masyarakat diharapkan membaik.

"Paling tidak bisa bekerja lebih baik jika imun terbentuk," kata Amel.



Simak Video "487 Personel Brimob Sultra Jalani Vaksinasi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)