Honda Jazz Rp 1 Miliar, 9 Hal Ini Bikin Mobil di Singapura Jadi Mahal Banget

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 12 Jan 2021 08:49 WIB
Singapura dikenal sebagai negara dengan kondisi jalan raya yang bersih dan bebas dari momok menakutkan bernama kemacetan.
Singapura dikenal sebagai negara dengan kondisi jalan raya yang bersih dan bebas dari momok menakutkan bernama 'kemacetan'. Foto: Luthfi Anshori.

5 Tambahan biaya registrasi

Biaya Pendaftaran Tambahan atau Additional Registration Fee (ARF) adalah pajak yang dikenakan pada semua mobil selama registrasi, dan dihitung sebagai persentase dari OMV kendaraan. Misalnya, OMV kendaraan SG$ 20.000 maka dikenakan ARF sebesar 100 persenn dari OMV. Dan mobil dengan OMV SG$ 20.001 sampai SG$ 50.000 dikenakan ARF sebesar 140 persen dari OMV. Sementara mobil dengan OMV di atas SG$ 50.000 kena ARF 180% dari OMV.

6. Skema Emisi Kendaraan

Singapura juga menerapkan skema emisi kendaraan. Perhitungan pajak ini didasarkan pada emisi karbon dioksida (CO2) kendaraan ditambah emisi empat polutan seperti hidrokarbon (HC), karbon monoksida (CO), nitrogen oksida (NOx) dan materi partikulat (PM).

Ini bisa menjadi biaya tambahan atau potongan harga tergantung pada peringkat emisi kendaraan.

7. Sertifikat Kepemilikan

Pembeli mobil baru harus memiliki Sertifikat Kepemilikan atau Certificate of Entitlement (COE) untuk penggunaan 10 tahun. Untuk mendapatkan COE pun tak murah. COE untuk mobil dengan mesin 1.600 cc ke bawah harganya SG$ 40.609 (Rp 433 juta). COE akan lebih mahal lagi untuk kendaraan dengan mesin di atas 1.600 cc.

Harga COE ditentukan melalui sistem penawaran terbuka.

8. Pajak Jalan

Pajak jalan adalah bagian dari pajak kepemilikan kendaraan. Sebagai bagian dari pajak kepemilikan kendaraan, setiap kendaraan yang terdaftar di Singapura harus memiliki pajak jalan raya yang valid sebelum diizinkan untuk dikendarai. Pajak jalan adalah biaya tahunan berulang, dibayar dalam interval enam atau 12 bulan.

Sebagian besar dealer biasanya akan membayar pajak jalan raya untuk setahun. Tahun pembayaran berikutnya akan ditanggung oleh pemilik.

9. Lain-lain

Di Singapura juga ada biaya lain seperti pelat nomor kendaraan. Selain itu, untuk mobil listrik, ada Additional Flat Component (AFC) senilai SG$ 700 (Rp 7,4 jutaan).

Ada juga pajak khusus untuk mobil diesel dan diesel-CNG seperti standar emisi dengan tarif pajak khusus enam bulan dan lain-lain.

Tak ketinggalan keuntungan tambahan dealer yang bisa berkisar antara 15-50%. Akibatnya, jumlah yang dibayarkan untuk mobil baru bisa berkisar antara 230 persen hingga 310 persen dari nilai dasar OMV yang dihitung di awal.

Halaman


Simak Video "20Detik+ bersama Herbalice: Menkeu Tolak Pajak 0%, Hingga Jutaan Orang Siap Divaksin"
[Gambas:Video 20detik]

(rgr/din)