KIA Mau Bikin Pesaing Avanza-Xpander

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sabtu, 09 Jan 2021 08:37 WIB
KIA resmi pakai logo dan slogan baru
Ilustrasi Logo Terbaru KIA Foto: KIA
Jakarta -

Mobil serbaguna dengan kapasitas penumpang tujuh orang diminati banyak orang. Tak cuma di Indonesia, mobil multi purpose vehicle (MPV) itu juga laris di beberapa negara, terutama di Asia Tenggara. Hal ini membuat beberapa pabrikan tertarik membuat pesaing Toyota Avanza hingga Mitsubishi Xpander di segmen tersebut.

Di Indonesia, segmen ini diramaikan oleh Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Nissan Livina hingga Wuling Confero S. Kemungkinan ke depan akan ada pesaing baru di segmen ini dari pabrikan asal Korea Selatan, KIA.

Diberitakan Autoindustriya, Kia bakal menyiapkan mobil MPV penantang Avanza cs. MPV terbaru KIA itu tidak memiliki nama untuk saat ini, tetapi secara internal disebut KY.

Hal itu terungkap dari sebuah dokumen yang bocor secara online yang menunjukkan timeline produk KIA 2021 hingga 2022. Di dalamnya menunjukkan model MPV yang dijadwalkan untuk diluncurkan Januari 2022.

KIA mengatakan bahwa MPV ini adalah model strategis India. Kemungkinan mobil ini bakal diproduksi di India, dan bakal dijual di beberapa negara juga. Bagian lain dari dokumen tersebut menunjukkan bahwa mereka berencana untuk mengekspornya dengan target 26.000 unit per tahun di pasar di luar India.

Sebelumnya, Hyundai juga dikabarkan bakal menyiapkan pesaing Avanza-Xpander cs. Hyundai mengajukan trademark pada 1 Juni 2020 untuk nama Staria dan pada 15 September 2020 untuk nama Staria Premium. Trademark nama Hyundai Staria dan Staria Premium itu diajukan ke Kantor Kekayaan Intelektual Filipina.

Menurut penjelasan trademark-nya, nama Staria merujuk kepada mobil, van, wagon, kendaraan elektrik, kendaraan hybrid.

Sumber anonim yang dikutip Autoindustriya sebelumnya mengatakan bahwa Hyundai Filipina akan mengimpor mobil buatan Indonesia. Bisa jadi, Staria menjadi salah satu kendaraan masa depan yang dikirim dari pabrik Hyundai di Indonesia ke beberapa negara, termasuk Filipina. Apalagi, Hyundai Indonesia sempat menyinggung akan menyiapkan mobil MPV.



Simak Video "KIA Sonet Resmi Meluncur di Aspal Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)