Hyundai Terima Pinangan Apple Bikin Mobil Otonom?

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 08 Jan 2021 16:29 WIB
Apple Car siap meluncur tahun 2024
Ilustrasi Apple Car Foto: Autoevolution
Jakarta -

Apple disebut bekerjasama dengan Hyundai untuk berkolaborasi melahirkan mobil listrik otonom pada tahun 2024. Benarkah demikian?

Dilansir dari CNN, Jumat (8/1/2021) produsen otomotif asal Korea mengonfirmasi jika pihaknya baru tahap awal diskusi pembuatan mobil listrik tanpa pengemudi bersama dengan Apple.

Pernyataan itu menyusul laporan lokal dari Korea Economic Daily yang mengatakan Apple mempertimbangkan kerja sama dan Hyundai Motor dan sedang meninjau persyaratan. Tapi isi diskusi tersebut belum bisa diketahui lebih lanjut.

"Kami menerima proposal untuk kerja sama dari berbagai perusahaan, tetapi belum ada keputusan yang dibuat," tulis pihak Hyundai kepada CNN.

Sementara Apple menolak berkomentar.

Ambisi Apple untuk memproduksi mobil sudah diketahui sejak tahun 2014 lewat Project Titan. Tapi proyek ini sempat maju mundur setelah Apple mengalihkan fokusnya dari merancang mobil sendiri ke sekedar mengembangkan sistem mobil otonom.

Apple diberi izin untuk menguji mobil listrik otonom ini di jalan umum di California pada tahun 2017. Namun, sekitar dua tahun kemudian, Apple memutuskan untuk menurunkan konsentrasinya pada proyek tersebut dan mengurangi hampir 200 orang karyawannya. Tapi sejak saat itu Apple sepertinya telah mencapai progres yang cukup jauh dan berencana untuk membangun kendaraannya sendiri.

Sumber anonim mengatakan kepada Reuters bahwa strategi utama Apple untuk mobil otonom buatannya adalah desain baterai 'monocell' yang lebih irit tempat dan bisa meningkatkan jarak tempuh kendaraan.

Apple juga mengandalkan mitra pihak ketiga untuk menyediakan komponen teknologi otonomnya, termasuk sensor LiDAR yang membantu mobil otonom untuk memetakan jalan secara tiga dimensi.

Sumber lainnya mengatakan Apple mungkin akan menggunakan beberapa sensor LiDAR untuk memindai jarak yang berbeda. Beberapa sensor yang digunakan mungkin akan mengadopsi sensor LiDAR yang telah dikembangkan Apple.

Belum diketahui siapa yang akan merakit mobil Apple ini, tapi sumber Reuters memperkirakan Apple akan mengandalkan mitra manufaktur untuk merakitnya.

Selain itu masih ada kemungkinan perusahaan yang dinakhodai Tim Cook ini untuk mengecilkan fokusnya hanya untuk mengembangkan sistem berkendara otonom yang digunakan oleh mobil buatan pabrikan tradisional, dan bukan mobil bermerek Apple. Apakah Hyundai?



Simak Video "Hyundai Siapkan Mobil Listrik Murni Pertama di Indonesia!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/riar)