Rekor, Penjualan Mobil Listrik Lampaui Mobil BBM di Norwegia

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 06 Jan 2021 16:48 WIB
Mobil listrik Lexus UX 300e
Penjualan mobil listrik di Norwegia melampaui penjualan mobil berbahan bakar fosil. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Norwegia tampaknya telah berhasil mengalihkan penggunaan kendaraan berbahan bakar fosil ke kendaraan listrik. Terbukti, penjualan mobil listrik di negara itu telah melampaui mobil bermesin bakar.

Untuk pertama kalinya di negara mana pun di dunia, penjualan kendaraan listrik lebih banyak daripada kendaraan konvensional di Norwegia. Ini menjadi rekor terbaru.

Sebanyak 54% kendaraan yang dijual di negara itu adalah kendaraan listrik. Menurut laporan Reuters, kendaraan konvensional dengan mesin pembakaran dalam hanya terjual 46%.

Norwegia melampaui rekor sebelumnya pada 2019 di mana mobil listrik hanya menguasai 42% dari semua penjualan. Padahal, 10 tahun yang lalu, kendaraan listrik cuma menguasai 1% pasar.

Norwegia telah berusaha keras untuk menjadi negara pertama yang menghentikan penjualan kendaraan berbahan bakar internal. Kendaraan listrik dibebaskan dari pajak yang dikenakan pada mobil berbahan bakar bensin atau solar.

Penjualan mobil listrik juga mengalami percepatan. Desember 2020 menandai bahwa kendaraan listrik menguasai sebagian besar pasar. Pada bulan terakhir 2020 itu, 66,7% penjualan mobil di Norwegia adalah kendaraan listrik.

Sementara itu, dari kendaraan yang masih menggunakan mesin bakar, 20% di antaranya adalah mobil plug-in hybrid, 9% hybrid, 9% mesin diesel dan 8% mesin bensin.

Namun, meski pangsa pasarnya sangat besar, total penjualan kendaraan di Norwegia terbilang tetap kecil. Secara keseluruhan, kurang dari 142.000 mobil terjual di Norwegia pada tahun 2020. Hampir 77.000 di antaranya adalah mobil listrik.

Norwegia punya ambisi besar dalam memasyarakatkan kendaraan listrik. Kepala Asosiasi Kendaraan Listrik Norwegia, Christina Bu, mengatakan target tahun ini mobil listrik menguasai 65% pasar.

"Jika kita berhasil melakukannya, target menjual mobil tanpa emisi pada tahun 2025 akan tercapai," katanya.



Simak Video "Hyundai Siapkan Mobil Listrik Murni Pertama di Indonesia!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)