Uji Tabrak MG ZS Penantang HR-V, Bagaimana Hasilnya?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 04 Jan 2021 14:51 WIB
Morris Garage
MG ZS. Foto: Doni Wahyudi/detikOto
Jakarta -

Morris Garage (MG) kini sudah dijual di Indonesia. Merek otomotif Inggris yang kini dipegang oleh perusahaan asal China, SAIC, itu telah meluncurkan MG ZS sebagai mobil pertamanya di pasar otomotif Indonesia pada Maret 2020 lalu.

Mengisi segmen SUV compact, MG ZS menantang Honda HR-V, Mazda CX-3, Suzuki S-Cross, Toyota CH-R, Hyundai Kona, dan Kia Seltos. Badan penguji kendaraan baru, New Car Assessment Program for Southeast Asian Countries (ASEAN NCAP), melakukan uji tabrak terhadap MG ZS. Bagaimana hasilnya?

Secara keseluruhan, ASEAN NCAP mengganjar MG ZS dengan nilai lima bintang yang merupakan nilai sempurna untuk uji tabrak.

"MG ZS yang diuji ASEAN NCAP adalah mobil mesin bensin yang dijual di pasar Thailand dan Vietnam. SUV tersebut tampil baik dalam pengujian dengan memperoleh 44,82 poin untuk AOP (perlindungan penumpang dewasa), 20,90 poin untuk COP (perlindungan penumpang anak-anak) dan 15,28 poin untuk SAT (safety assist/fitur keselamatan)," tulis ASEAN NCAP dalam laporannya.

[Gambas:Youtube]



Mobil MG ZS dilengkapi dengan minimal dua airbag, rem anti-lock braking system (ABS), Electronic Stability Control dan Seatbelt Reminder System sebagai perlengkapan standar. Dalam penilaiannya, MG ZS berhasil meraih skor keseluruhan 81,00 poin yang membuatnya memenuhi syarat untuk peringkat 5-Star ASEAN NCAP.

Bagi penumpang dewasa, MG ZS memberikan perlindungan yang baik kepada penumpangnya. Kendaraan tetap stabil pada uji tabrakan frontal. Kepala dan kaki pengemudi dan penumpang dapat terlindungi dengan baik. Saat dites tabrakan samping, MG ZS memberikan perlindungan baik untuk kepala dan badan pengemudi.

MG ZS di Indonesia dengan dua tipe, Excite dan Ignite. Saat ini, harga MG ZS adalah Rp 258,8 juta untuk tipe Excite dan Rp 292,8 juta untuk tipe Ignite.

MG ZS menggendong mesin berkode 15S4C dengan kapasitas 1.498 cc DOHC, 4 silinder, 16 katup VTi-TECH. Dengan injeksi bahan bakar multi-point, mesin itu mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 114 daya kuda pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 150 Nm pada 4.500 rpm.

Mesin itu dikawinkan dengan transmisi otomatis 4 percepatan. Transmisi dilengkapi dengan mode manual.



Simak Video "Ambisi Morris Garage Ambil User CR-V dan Mazda CX-5"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)