Hyundai dan Lexus Ikut 'Main' Mobil Listrik di Indonesia, Tesla Terancam?

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 28 Des 2020 20:34 WIB
Hyundai Kona vs Lexus UX 300e
Hyundai dan Lexus ikut menjual mobil listrik di Indonesia. Foto: Istimewa
Jakarta -

Pasar mobil listrik di Indonesia semakin ramai seturut kehadiran Ioniq, Hyundai Kona EV, dan Lexus UX 300e yang rilis di penghujung 2020. Lalu apakah kehadiran mobil listrik Hyundai dan Lexus bakal mengancam pangsa pasar mobil listrik Tesla di Indonesia?

Dijelaskan Presiden Direktur Prestige Image Motorcars, Rudy Salim, kehadiran model mobil listrik baru di Indonesia justru merupakan kabar baik. Sebab dengan begitu, market mobil listrik di Indonesia artinya sudah terbentuk. Ada banyak merek dengan banyak calon pembeli.

Prestige Motorcars kembali memperkenalkan line up kendaraan ramah lingkungannya. Kali ini mobil yang dibawa oleh importir umum tersebut adalah Tesla Model 3.Tesla Model 3 Foto: Pradita Utama

"Kalau dulu cuma ada Tesla doang, agak susah edukasi masyarakat, skeptis, dan harus dijelasin lagi mengenai infrastruktur. Dengan banyaknya pemain, pesaing, justru menciptakan suatu persaingan sempurna. Pembelinya juga jadi semakin banyak pilihan," ungkap Rudy, kepada detikOto, Senin (28/12).

Saat ini Prestige Image Motorcars selaku Importir Umum memasarkan tiga model Tesla di Tanah Air, yakni Model S, Model X, dan Model 3. Khusus Tesla Model 3, merupakan varian termurah dari mobil listrik Tesla yang harganya mulai Rp 1,5 miliaran.

Bicara soal persaingan, Hyundai Kona EV dan Lexus UX 300e memang memiliki harga lebih murah dibanding Tesla Model 3. Kona EV dibanderol sekitar Rp 674 jutaan, sedang UX 300e harganya Rp 1,2 miliaran.

"Tapi kelas dan performa (Hyundai dan Lexus) berbeda (dengan Tesla), jadi saya rasa nggak masalah ada banyak pesaing, karena segmennya beda. Jadi kalau mau cari yang performance dan secara value for money bagus, ya harus berani invest lebih mahal sedikit di Tesla. Kalau mau yang murah, Hyundai itu harganya memang setengah dari Tesla, tapi secara performa pun beda jauh," tukas Rudy.



Simak Video "Ngulik Tesla Model 3 Milik Polri untuk Patroli"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)