Suzuki Jimny Mulai Dirakit di India

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 20 Des 2020 15:35 WIB
Suzuki Jimny mulai dirakit di India
Suzuki Jimny mulai dirakit di India. Foto: Indianautosblog
Jakarta -

Maruti Suzuki mulai merakit Jimny secara lokal di fasilitas produksinya, di Gurugram, Negara Bagian Haryana. SUV kompak berkapasitas 5 penumpang itu rencananya akan diluncurkan di India tahun depan.

Suzuki Jimny kian pasti diproduksi secara lokal di India. Dikutip dari Indianautosblog, baru-baru ini Maruti Suzuki telah merakit 50 unit Jimny tiga pintu di fasilitas pabrik mereka di Gurugram. Jimny dirakit secara CKD, dengan komponen yang diimpor dari Jepang.

India akan menjadi pusat manufaktur Jimny tiga pintu untuk menyuplai kebutuhan pasar ekspor. Sedang untuk pasar domestik India, Suzuki Jimny bakal hadir dalam versi lima pintu sesuai permintaan pasar.

Suzuki Jimny versi India memiliki konstruksi body-on-frame yang mirip dengan Gypsy dan Mahindra Thar. Mobil unik ini didukung mesin bensin K15B yang sama seperti di Vitara Brezza dan Ciaz . Namun di Jimny, mesin 1,5 L bertenaga 105 dk itu akan dipasang secara longitudinal, agar bisa mengadopsi sistem penggerak 4x4.

Kabar menyebutkan jika Suzuki Jimny akan diproduksi secara masal di India, di fasilitas pabrik Hansalpur, di Negara Bagian Gujarat. Jimny versi tiga pintu maupun versi lima pintu akan dibuat di pabrik tersebut.

Pertama-tama, Maruti Suzuki akan fokus memproduksi Jimny tiga pintu untuk pasar ekspor. Sementara pabrik Suzuki di Kosai, Jepang, juga akan terus memproduksi Jimny tiga pintu secara eksklusif. Selanjutnya, Maruti Suzuki akan membuat Jimny versi lima pintu untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Jika jadi diluncurkan, model ini akan berkompetisi dengan model lokal, Mahindra Thar.



Simak Video "Bebas PPnBM, Ini Daftar Mobil di Bawah Rp 200 Juta di IIMS 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)