Suzuki Kembali Bicara Peluang Jimny Diproduksi di Indonesia

M Luthfi Andika - detikOto
Selasa, 08 Des 2020 15:44 WIB
Suzuki Jimny
Ilustrasi Suzuki Jimny Foto: Detik.com/20Detik
Jakarta -

Mendapat jatah sedikit dari Jepang, Suzuki Jimny jadi salah satu produk yang ditunggu-tunggu pencinta otomotif Indonesia. Dengan permintaan yang masih tinggi, masih banyak pertanyaan tentang kapan Suzuki Jimny diproduksi di Indonesia.

Untuk kesekian kalinya, PT Suzuki Indomobil Sales Agen Pemegang Merek (APM) Suzuki mobil di Indonesia menjawab kemungkinan Suzuki Jimny di produksi di Indonesia.

"Memang saya sudah yang banyak bertanya mengenai hal ini, baik dari pemerintah atau teman-teman semuanya, memang kami sudah pernah janji memberikan informasi bisa memproduksi atau tidak," Ujar President Director PT SIS dan PT SIM, Seiji Itayama.

Seiji Itayama menjelaskan untuk bisa memproduksi satu unit di Indonesia banyak yang harus dipikirkan dan harus menerapkan strategi yang tepat.

"Banyak yang harus dipikirkan untuk bisa menerapkan strategi kami, tapi semuanya masih dalam study (untuk bisa memproduksi Suzuki Jimny di Indonesia) dan semuanya sesuai dengan arahan pemerintah," Seiji Itayama menjelaskan.

Suzuki JimnySuzuki Jimny Foto: Detik.com/20Detik

Dalam pemberitaan detikOto sebelumnya, Suzuki terindikasi bakal lebih memilih India dibandingkan Indonesia untuk bisa memproduksi Jimny. Kabarnya pabrik Gurgaon Plant yang dipilih Suzuki untuk bisa memproduksi Suzuki Jimny.

Bahkan per September lalu, satu unit Suzuki Jimny dilaporkan sudah diuji coba produksi pada fasilitas pabrik tersebut. Kabar lanjutan ini dari informasi sebelumnya yang menyatakan bahwa Suzuki di India telah mengimpor komponen CKD (completely knock down) Jimny pada bulan yang sama.

Selain itu para vendor lokal di India dikatakan sudah bersedia membuat komponen Jimny yang bisa bersumber dari lokal. Pabrik ditargetkan memproduksi 4.000 - 5.000 unit, sebagian akan diekspor ke pasar global.

Memang saat ini Suzuki Jimny baru diproduksi di Jepang. Sedangkan Maruti Suzuki disebut bakal merakit Jimny versi 5-pintu untuk pasar India, yang diberi nama 'Gipsy'. Sedangkan Jimny 3-pintu hanya ditujukan untuk pasar ekspor.



Simak Video "Suzuki Gagal Triple Crown, Ducati Juara Konstruktor MotoGP 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)