Jelang Libur Akhir Tahun, Rental Mobil Kebanjiran Pelanggan

ADVERTISEMENT

Jelang Libur Akhir Tahun, Rental Mobil Kebanjiran Pelanggan

M Luthfi Andika - detikOto
Rabu, 09 Des 2020 16:51 WIB
Jelang Lebaran, permintaan mobil rental meningkat. Seperti yang terjadi di salah satu di pusat mobil rental di Jalan Tongkol, Tanjung Priok, Jakarta Utara.
Ilustrasi penyewaab mobil yang kebanjiran pelanggan jelang libur Natal dan tahun baru (Pradita Utama/detikOto)
Jakarta -

Meski di masa pandemi tidak membuat sebagian masyarakat enggan jalan-jalan atau menikmati libur panjang akhir tahun. Terbukti ratusan mobil sudah disewa para pelancong untuk menikmati momen pergantian tahun.

Demikian diungkapkan Bowo dari Bagas Rentcar yang berada di wilayah Pancoran Barat. Bowo menjelaskan bisnis rental mobil berangsur pulih meski belum dalam kondisi normal.

"Untuk liburan akhir tahun sudah ada ratusan unit yang disewa untuk liburan natal dan akhir tahun. Untuk modelnya kebanyakan MPV seperti Mitsubishi Xpander, Honda Mobilio dan Toyota Avanza," kata Bowo.

Sola harga, Bowo pastikan sudah pasti berbeda jika dibandingkan dengan hari biasanya. "Untuk harga sewa rental mobil akan dikenakan tarif hari libur bukan harga hari biasa, harga normal sewa Rp 300-400 dan untuk Toyota Innova itu Rp 600-900 ribu, kalau di hari libur naik Rp 150-200 ribu per hari," Bowo menambahkan.

Jelang Lebaran, permintaan mobil rental meningkat. Seperti yang terjadi di salah satu di pusat mobil rental di Jalan Tongkol, Tanjung Priok, Jakarta Utara.Ilustrasi Jelang Lebaran, permintaan mobil rental meningkat. Seperti yang terjadi di salah satu di pusat mobil rental di Jalan Tongkol, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Foto: Pradita Utama

Hal senada juga dialami oleh pelaku usaha rental mobil Naysa Rental mobil murah. Petugas Naysa Rental mobil mengatakan pemesanan mobil sewa untuk akhir tahun sudah mulai tumbuh.

"Sejak 2-3 bulan bisnis sewa mobil sudah mulai berangsur membaik, bisa dikatakan naik 20-30 persen dibandingkan bulan Mei. Apalagi 1 bulan terakhir, konsumen sudah pada mulai booking untuk liburan akhir tahun, liburan natal, dan libur lebaran yang kemarin dipindahkan," kata petugas yang dihubungi detikOto.

"Untuk konsumen yang sudah pesan pesenan kendaraan untuk libur akhir tahun di kita (Nasya Rental Mobil Murah) itu kurang lebih 20-25 unit, yang terpesan ada Hiace dan sekelas Toyota Avanza," tambah petugas Nasya.

Maraknya warga yang menyewa mobil berbanding terbalik dengan penjualan tiket bus. Sampai beberapa hari lalu penjualan tiket bus untuk periode Natal dan Tahun Baru masih sepi. Bisa jadi publik enggan berpergian dengan bus dan memilih menyewa mobil karena tak rentan tertular virus corona.



Simak Video "Inilah Warna Mobil yang Paling Diminati di Dunia pada 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT