Toyota GR Yaris AP4 Dirilis, Siap Ikut Balap Mobil Reli

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 06 Des 2020 11:07 WIB
Toyota GR Yaris Rallye
Toyotta GR Yaris Rallye. Foto: Response
Jakarta -

Toyota Motor Co., Ltd. divisi Australia resmi merilis Toyota GR Yaris AP4. Mobil reli berbasis Toyota GR Yaris ini dikembangkan bersama dengan 'Neil Bates Motorsport', yang merupakan perwakilan tim reli Toyota GAZOO Racing Australia dan telah memenangkan empat gelar reli lokal.

Dikutip dari laman Response, Toyota GR Yaris AP4 dibekali mesin turbo bensin 3 silinder segaris, yang kompak dan ringan. Untuk mendongkrak tenaga mesin tersebut, rpm alias putaran mesin telah ditingkatkan dengan optimalisasi pada komponen turbocharger. Mesin ini diklaim memiliki output tenaga 272 dk serta torsi maksimum 370 Nm. Mesin ini dikombinasikan dengan sistem transmisi iMT, 6-percepatan.

Toyota GR Yaris RallyeToyota GR Yaris AP4 Foto: Response

Sistem penggeraknya sendiri disalurkan ke empat roda oleh sistem 4WD sport terbaru "GR-FOUR", yang menggunakan kopling multi-pelat untuk mengubah tenaga penggerak depan dan belakang. Teknologi ini diklaim bisa memberikan stabilitas pada kendaraan dan distribusi tenaga yang lebih merata.

Untuk proses pembuatan desain eksterior GR Yaris AP4, dilakukan langsung oleh pihak Toyota melalui Departemen Perencanaan dan Pengembangan Produk Toyota. Proyek pembuatan bodi GR Yaris AP4 dimulai sejak Maret 2020, dan dalam prosesnya menggunakan teknologi virtual reality (VR).

Toyota GR Yaris RallyeToyota GR Yaris AP4 Foto: Response

Ada beberapa komponen yang didesain ulang, seperti spatbor depan, bumper depan dan belakang, panel belakang, ventilasi kap mesin, spion, hingga pintu dibuat dan didesain secara digital.

Neil Bates Motorsport akan memproduksi dua Toyota GR Yaris AP4 untuk musim 2021. Kompetisi musim 2020 dibatalkan lantaran terjadinya pandemi virus Corona. Musim 2021 dijadwalkan dimulai pada Maret 2021 di Canberra.

Toyota GR Yaris RallyeToyota GR Yaris AP4 Foto: Response


Simak Video "Toyota Pikat Pengunjung GIIAS 2021 Dengan Mobil Terbarunya!"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)