Inikah Calon SUV Mungil Hyundai?

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 30 Nov 2020 14:20 WIB
Inikah calon SUV mungil Hyundai?
Inikah calon SUV mungil Hyundai. Foto: Rushlane
Jakarta -

Hyundai dikabarkan bakal membuat mobil SUV mungil yang segmennya di bawah Venue. Hal itu dilakukan pabrikan asal Korea Selatan berkaca dari kiprah Maruti Suzuki S-Presso yang sukses besar di pasar India.

Baru-baru ini beredar sebuah foto spyshot diduga prototipe mobil SUV mungil Hyundai. Dilansir dari Rushlane, gambar tersebut diyakini berlokasi di Korea Selatan.

Mobil SUV berukuran compact ini tampak diselimuti menggunakan plastik kamuflase warna hitam mulai bagian depan, samping bodi, hingga area buritan. Sementara bagian atap, pilar A, pilar B, dan kaca spion dibiarkan 'terbuka'.

Jika diperhatikan lebih detail, desain SUV mungil ini sangat mirip dengan Hyundai Venue. Terlihat dari posisi kap mesin yang rendah dan bentuk mengotak. Selain itu, desain lampu depan LED DRL dan bentuk pelek juga sedikit mirip.

Suzuki S-PressoMaruti Suzuki S-Presso Foto: Suzuki India

Belum ada informasi mengenai jantung pacu yang diusung mobil SUV mungil Hyundai ini. Namun diharapkan menggendong mesin bensin 1,2 liter, dengan output tenaga 83 dk dan torsi 113 Nm. Selain itu, juga diharapkan ada pilihan mesin bensin 1,0 liter GDi turbo, yang lebih bertenaga.

Kemungkinan besar, Hyundai akan membawa mobil SUV mungil kompak ini ke India. Namun belum ada informasi mengenai jadwal peluncurannya. Jika sudah dijual resmi di India, mobil SUV mungil Hyundai ini akan bersaing dengan banyak kompetitor seperti Maruti Suzuki S-Presso, Ignis, Tata HBX, dan Mahindra KUV100.

Maruti Suzuki S-Presso cukup sukses di pasar India. Diluncurkan pada akhir 2019, lalu mobil ini dijual dengan harga awal sekitar Rp 70 juta. Mobil ini pun laku keras dan terjual 10.000 dalam 11 hari pertama sejak diperkenalkan.



Simak Video "Mobil SUV Bertenaga Listrik untuk Masa Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)