Jumat, 20 Nov 2020 11:45 WIB

Mengenal Rantis Koopssus yang Dipakai Show Off Force di Depan Markas FPI

tim detikcom - detikOto
Viral kendaraan taktis Koopssus TNI (unjuk kekuatan) show of force di depan markas FPI di Petamburan (Screenshot video viral) Foto: Viral kendaraan taktis Koopssus TNI (unjuk kekuatan) show of force di depan markas FPI di Petamburan (Screenshot video viral)
Jakarta -

Ramai di media sosial, sejumlah kendaraan milik TNI melintas di Jl KS Tubun, Petamburan, Jakarta Pusat. Salah satunya Sentry APC buatan dari Inkas.

Seperti diketahui, Petamburan dikenal sebagai lokasi basis masa FPI dan bahkan dianggap sebagai markas FPI. Rombongan kendaraan TNI ini sempat berhenti di depan pelang SMP 1908. Di samping plang SMP tersebut terlihat plang DPP Front Pembela Islam (FPI), .

Pada sisi bodi kendaraan Inkas tersebut tertulis 'Koopssus TNI'. Koopssus tak lain adalah Komando Operasi Khusus, pasukan elite milik TNI. Di dalam Koopssus terdapat pasukan elite dari tiga matra di TNI, yakni Den-81 Kopassus, Den-Jaka Marinir, dan Sat-Bravo Paskhas.

Sentry APC, merupakan kendaraan taktis dengan model Sentry APC (RHD), body style Special Purpose, Armor Level BR6, bertransmisi 6 speed automatic yang dikawinkan dengan mesin 6.7 liter Diesel V8 hasilnya mobil ini bakal mampu menyemburkan 362 tenaga kuda di 4.750 RPM, dengan penggerak roda 4WD.

Soal dimensi mobil ini memiliki panjang 5.969 mm, lebar 2.514 mm dan tinggi mencapai 2.489 mm, bersama dengan wheel base 3.576 mm. Sentry APC memiliki kapasitas penumpang 8 penumpang, dengan memiliki fuel capacity mencapai 151 liter.

Viral kendaraan taktis Koopssus TNI (unjuk kekuatan) show of force di depan markas FPI di Petamburan (Screenshot video viral)Viral kendaraan taktis Koopssus TNI (unjuk kekuatan) show of force di depan markas FPI di Petamburan (Screenshot video viral) Foto: Viral kendaraan taktis Koopssus TNI (unjuk kekuatan) show of force di depan markas FPI di Petamburan (Screenshot video viral)


Sebagai catatan Sentry APC ini buatan Inkas asal Kanada sebuah perusahaan pembuat kendaraan lapis baja. Sentry memang sengaja diproduksi untuk kebutuhan pasukan khusus yang membutuhkan reaksi cepat dan perlindungan optimal.

Namun bagi detikers yang ingin memiliki mobil rantis ini juga bisa lho, karena memang rantis ini dijual secara umum.

Terkait peristiwa ini, TNI menyatakan tak ada hal khusus. Kapuspen TNI Mayjen Achmad Riad mengatakan rombongan tersebut dalam perjalanan setelah menggelar latihan.

Kapuspen TNI Mayjen Achmad Riad mengatakan rombongan tersebut dalam perjalanan usai menggelar latihan.

Rantis Koopssus TNI buatan Inkas KanadaRantis Koopssus TNI buatan Inkas Kanada Foto: dok. Istimewa

"Betul konvoi kendaraan Koopssus kembali dari kegiatan menuju ke markasnya di Cilangkap lewat Petamburan. Tidak ada hal khusus," kata Mayjen Achmad Riad saat dimintai konfirmasi, Kamis (19/11).

Catatan Redaksi: Berita ini telah mengalami revisi. Sebelumnya berjudul 'Mengenal Maung, Rantis yang Dipakai Show Off Force di Depan Markas FPI' dan menyatakan bahwa kendaraan yang dipakai adalah Maung buatan Pindad, yang sebenarnya adalah Sentry APC buatan dari Inkas. Dengan kekeliruan tersebut redaksi meminta maaf atas kesalahan ini.



Simak Video "Jajal Langsung Maung Buatan Pindad"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com