Jumat, 20 Nov 2020 06:35 WIB

Penjualan Daihatsu Naik, Gran Max Paling Laris

Ridwan Arifin - detikOto
Daihatsu Ayla Terbaru Penjualan mobil Daihatsu naik di bulan Oktober 2020 Foto: Pool (Daihatsu Indonesia)
Jakarta -

Penjualan mobil Daihatsu di Indonesia meningkat dari bulan lalu. Secara bulanan, retail sales Daihatsu pada Oktober 2020 tercatat sebanyak 8.135 unit.

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) mengatakan tren positif ini sejalan dengan pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang sempat anjlok saat dilanda pandemi virus Corona.

"Pertumbuhan di segmen komersial lebih baik dibandingkan dengan penumpang, ini menunjukkan ekonomi sedang menuju ke arah tren yang positif," ungkap dia saat konferensi virtual, Kamis (19/11/2020).

Penjualan otomotif mengalami kenaikan pada Oktober dibandingkan September lalu secara nasional. Retail sales (dealer ke konsumen) naik sebesar 6% menjadi sekitar 46 ribu unit, dan pada wholesales (pabrik ke dealer) naik sebesar 1% menjadi sekitar 49 ribu unit.

Sedangkan Daihatsu tetap mempertahankan posisi peringkat 2 penjualan otomotif nasional dengan capaian retail sales sebesar 81.623 unit, atau peningkatan market share menjadi 18% dibandingkan periode sama tahun 2019 lalu sebesar 16,9%. Sedangkan pada whole sales, secara total mencapai 77.471 unit dengan peningkatan market share menjadi 18,4% jika dibandingkan periode yang sama tahun 2019 lalu sebesar 17,7%.

"Daihatsu tentu sampai year to date sampai dengan Oktober turun, turunnya sampai 43 persen. Kalau dibandingkan penurunan market, selalu dikatakan bersyukur penurunan Daihatsu lebih kecil dibandingkan penurunan market. Mengakibatkan sampai bulan Oktober naik 1,1 persen menjadi 18 persen," urainya.

Bicar model, retail sales Daihatsu pada Oktober 2020 tercatat sebanyak 8.135 unit. Gran Max Pick Up jadi paling laris diminati yakni sebanyak 2.827 unit, atau berkontribusi sebesar 34,8%, disusul Sigra sebesar 1.782 unit (21,9%), dan Ayla 1.013 unit (12,5%).

Daihatsu bikin Animasi Didi dan Hatsu

Animasi series yang ditayangkan perdana pada September 2020 lalu ini memiliki total 6 episode. Karya tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Daihatsu dengan animator lokal, yakni RUS (Raden Umar Said) Animation Studio.

Hari Wicaksono selaku Promotion Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, anak dan dunia digital saat ini menjadi dua hal yang tidak bisa dipisahkan karena erat kaitannya dengan gadget. Daihatsu ingin menyajikan hiburan untuk anak dengan tontonan yang tidak hanya menghibur, tetapi juga bisa memberikan nilai-nilai positif dan edukatif bagi anak-anak.

"Kami berharap, anime series Petualangan Didi dan Hatsu dapat menjadi sebuah tontonan yang menghibur dan edukatif bagi Sahabat Daihatsu, khususnya keluarga muda yang telah memiliki anak", ujarnya.

Acara ini dapat dinikmati melalui platform Youtube Daihatsu Sahabatku. Sesuai namanya, penamaan tokoh utama pada Didi dan Hatsu mengambil basis nama dari Daihatsu.



Simak Video "Di Jepang, Kakek-Nenek Dilatih Agar Aman Berkendara"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com