Rabu, 11 Nov 2020 19:59 WIB

Hyundai Punya Ioniq dan Kona, Kapan Mazda Jualan Mobil Listrik di RI?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mobil listrik Mazda MX-30 Mobil listrik Mazda MX-30. (Mazda)
Jakarta -

Secara global, Mazda sudah punya lineup mobil listrik. Mobil listrik dalam bentuk Mazda MX-30 sudah dijual di beberapa negara.

Di Indonesia sendiri mobil listrik menjadi tren terkini yang mulai digaungkan. Setelah dapat dukungan dari pemerintah, beberapa pabrikan menjual mobil listrik di Indonesia. Yang terbaru, Hyundai meluncurkan dua mobil listrik sekaligus yakni Hyundai Ioniq dan Hyundai Kona Electric.

Kapan Mazda menghadirkan mobil listrik di Indonesia mengingat beberapa pabrikan sudah melakukannya?

Fedy Dwi Parileksono, Head of Department Public Relations and Media Communications PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) sebagai agen pemegang merek Mazda di Indonesia belum bisa memastikan kapan mobil listrik Mazda akan dijual di Indonesia.

"Kita masih belum tahu," katanya di sela-sela konferensi pers peluncuran Mazda 3 100th Anniversary Edition, Rabu (11/11/2020).

Fedy menegaskan bahwa Mazda tak ketinggalan dalam hal persaingan mobil listrik. Saat ini, Mazda sudah punya mobil listrik MX-30.

Mobil listrik Mazda MX-30Mobil listrik Mazda MX-30 Foto: Mazda

"Saat ini sudah diproduksi dan sudah dijual di Eropa. Dalam waktu dekat, penjualannya sudah akan merambah ke Australia dan Amerika. Nah kalau sudah ke Australia, ke Amerika, pasti ke Asia juga mendekati. Jadi kita punya, Mazda tidak ketinggalan. Mazda punya MX-30 yang 100% electric," ucap Fedy.

Mazda MX-30 kali pertama diperkenalkan di ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2019 lalu. Hadir sebagai mobil listrik bertenaga baterai pertama Mazda, MX-30 mengusung desain ala mobil SUV dengan kapasitas 5 penumpang.

Mobil listrik Mazda MX-30Mobil listrik Mazda MX-30 Foto: Mazda

Mazda MX-30 dibekali teknologi baru dalam penggerak listrik e-Skyactiv. Mobil ini mengusung desain SUV dengan bentuk grille yang tipis, berbeda dengan desain Kodo pada mobil Mazda bermesin pembakaran dalam. Mazda MX-30 disebut akan dijual resmi pada 2020.



Simak Video "Keren! Itenas Bandung Ciptakan Mobil Militer Tenaga Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com