Nissan Kicks Dites Tabrak, Mampukah Lindungi Penumpang?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 03 Nov 2020 09:27 WIB
Review Nissan Kicks E-Power
Dites tabrak, Nissan Kicks dapat nilai sempurna. Foto: Rizki Pratama
Jakarta -

Nissan Kicks menjadi andalan baru bagi Nissan di Indonesia. Mobil yang diimpor utuh dari Thailand itu telah diuji tabrak. Bagaimana hasilnya?

ASEAN New Car Assessment Program (NCAP) menguji tabrak Nissan Kicks. Hasilnya menjanjikan, Nissan Kicks diganjar bintang lima dalam hal perlindungan penghuni mobil saat terjadi kecelakaan.

Dalam hal perlindungan penumpang dewasa, saat terjadi tabrakan depan Nissan Kicks diberi nilai 15,78 poin dari total 16 poin. Nissan Kicks memberikan perlindungan terbaik untuk bagian kepala, badan hingga kaki pengemudi maupun penumpang.

"SUV tetap stabil dalam uji tabrakan depan dengan data uji diperoleh dari boneka menunjukkan bahwa kendaraan menyajikan perlindungan baik untuk penghuni dewasa. Namun demikian, terdapat risiko cedera pada kaki bagian bawah penumpang," sebut ASEAN NCAP.

[Gambas:Youtube]



Untuk perlindungan tabrakan samping, Nissan Kicks diganjar nilai sempurna dengan 16 poin. Mobil ini memberikan perlindungan baik pada kepala hingga badan penghuni mobil ketika terjadi tabrakan samping. Dan untuk teknologi perlindungan kepala, mobil ini diberi nilai 2,29 poin dari nilai maksimal 4,00. Dengan bobot skor 50% untuk perlindungan penumpang dewasa, Nissan Kicks meraih nilai total 47,31.

Review Nissan Kicks E-PowerReview Nissan Kicks E-Power Foto: Rizki Pratama

Sedangkan untuk perlindungan penumpang anak, Nissan Kicks diberi nilai 14,37 poin pada tabrakan depan dari poin maksimal 16,00 dan nilai 8,00 dari nilai maksimal 8,00 pada tabrakan samping. Dengan bobot nilai 25% untuk perlindungan anak-anak, Nissan Kicks meraih nilai total 20,77.

Review Nissan Kicks E-PowerReview Nissan Kicks E-Power Foto: Rizki Pratama

"SUV Nissan baru ini memiliki performa yang sangat baik dalam penilaian tabrakan depan ASEAN NCAP untuk perlindungan penumpang dewasa dengan skor 47,31 dari nilai maksimal 50,00. SUV ini dilengkapi dengan minimal 2 airbag, Electronic Stability Control dan sistem Pengingat Sabuk Pengaman untuk pengemudi dan penumpang depan sebagai standar di semua variannya," kata ASEAN NCAP.

"Model ini juga menawarkan teknologi keselamatan kendaraan yaitu Intelligent Rear View Mirror, Autonomous Emergency Braking Inter-Urban dan Forward Collision Warning system baik sebagai perlengkapan standar maupun opsional. Dalam penilaian ini Nissan Kicks berhasil memperoleh skor keseluruhan sebesar 86.93 poin dari tiga kategori perlindungan penumpang dewasa, perlindungan penumpang anak-anak dan teknologi keselamatan. Dengan skor ini, ASEAN NCAP memberikan model (Nissan Kicks) dengan peringkat 5-Bintang ASEAN NCAP."



Simak Video "Nissan Launching SUV Kicks e-Power, Bukti Belum Mati di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)