Minggu, 25 Okt 2020 19:06 WIB

Mobil Pertama VW dengan Mesin Berpendingin Air

M Luthfi Andika - detikOto
Mobil VW Pertama yang Pakai Mesin Berpendingin Air Volkswagen. Foto: Istimewa
Jakarta -

Siapa yang tidak mengenal Volkswagen? Mungkin hampir seluruh umat manusia di dunia pasti mengenal merek Volkswagen atau VW. Tapi detikers tahu tidak kapan pertama kali Volkswagen memperkenalkan mobil pertama mereka yang mengusung teknologi water cooled engine alias mesin berpendingin air?

Nah jika detikers belum mengetahuinya, VW pertama kali memperkenalkan mobil dengan water cooled engine pada 1970 tepatnya saat memperkenalkan model K70, seperti dikutip Carscoops.

Mobil VW Pertama yang Pakai Mesin Berpendingin AirMobil VW Pertama yang Pakai Mesin Berpendingin Air Foto: Istimewa

Volkswagen K70 pertama kali diperkenalkan di dunia pada 20 Oktober 1970 di Salzgitter dan diproduksi lokal hingga 1975. Tidak sampai di situ, dengan diperkenalkannya K70 VW juga ikut memperkenalkan teknologi penggerak roda depan pada model produksi mereka.

Volkswagen K70 menjadi era baru bagi VW dengan menawarkan berbagai kelebihan. Mulai dari penggerak roda depan hingga mesin berpendingin air. Sebelumnya, mobil VW menggunakan mesin berpendingin udara atau air-cooled.

Mobil VW Pertama yang Pakai Mesin Berpendingin AirMobil VW Pertama yang Pakai Mesin Berpendingin Air Foto: Istimewa

VW K70 juga menawarkan sasis canggih dengan suspensi independen dengan jarak sumbu roda yang memberikan ruang kabin yang luas. Sistem keamanan berkendara juga menjadi pusat perhatian VW kala itu, dengan menghadirkan crumple zone pada depan kendaraan, tangki bahan bakar yang dipindahkan ke bagian belakang dan telah dilengkapi dengan sabuk pengaman.

"Model ini dirancang oleh Claus Luthe serta menjadi nenek moyang Passat dan model VW lainnya," ujar juru bicara Volkswagen.



Simak Video "Iklannya Berbau Rasis, Volkswagen Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com