Senin, 28 Sep 2020 10:52 WIB

Beruntung, Pria Ini Punya Mobil Kepresidenan Era Soeharto-SBY

M Luthfi Andika - detikOto
Mobil Bekas Dinas Presiden RI Mercedes-Benz 300 EL SHD kelahiran 1992 Mobil bekas dinas Presiden RI Mercedes-Benz 300 EL SHD Foto: Agung Pambudhy/detik.com
Jakarta -

Memiliki mobil mewah bergaya sport, SUV atau jip dengan banderol harga selangit mungkin sudah sangat wah dan bangga sekali pastinya. Tapi detikers pernah terbayang ingin memiliki mobil bekas dinas Presiden Republik Indonesia?

Mimpi untuk bisa memiliki mobil bekas dinas presiden diwujudkan Vinnie Kinetica Rumbayan (28). Rasa bangga tidak bisa ditutupi dirinya saat memiliki mobil bekas dinas Presiden RI yakni Mercedes-Benz 300 EL SHD kelahiran 1992.

Terlebih mobil bekas dinas Presiden RI ini sudah digunakan sejak era Soeharto hingga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Walhasil berkendara membayangkan menjadi Presiden RI kerap dirasakan Vinnie saat berkendara bersama Mercy miliknya ini.

"Apa yang membuat menarik memiliki mobil bekas dinas Presiden RI? Kalau saya awalnya suka beli mobil-mobil zaman sekarang. Tapi seiring berjalannya waktu saya sudah agak bosan dengan mobil zaman sekarang. Pas sekali saya lihat ada yang jual mobil ini (mobil bekas dinas Presiden RI) langsung saya ajak ketemuan dan membelinya," cerita Vinnie.

Mobil Bekas Dinas Presiden RI Mercedes-Benz 300 EL SHD kelahiran 1992Mobil Bekas Dinas Presiden RI Mercedes-Benz 300 EL SHD kelahiran 1992 Foto: Agung Pambudhy/detik.com

Vinnie ikut menceritakan bagaimana dirinya bisa beruntung memiliki mobil bekas dinas Kepresidenan dan siapa pemiliknya awalnya.

"Jadi mobil dinas kepresidenan itu kan biasanya dilelang setelah beberapa tahun, kalau tidak salah moil dinas ini dilelang pada 2018. Biasanya mobil-mobil ini dimiliki para kolektor mobil, kalau saya sih baru punya baru-baru ini," kata Vinnie.

"Ini sebenarnya mobil cadangan pertama salah satu kolektor di Jakarta dan akhirnya menjadi mobil pertamanya setelah dua mobil cadangan si kolektor tersebut terjual. Karena kolektor ini memiliki beberapa mobil bersejarah yang menjadi mobil cadangan dirinya. Awalnya mobil cadangan pertama dijual tapi saya telat karena sudah ada yang membeli kendaraan tersebut. Ternyata kolektor ini punya cadangan lain yang menjadi kendaraan utamanya dan tengah dijual. Tidak perlu lama setelah 1 jam diiklankan saya langsung telepon dan mengajak ketemuan dan akhirnya saya putuskan untuk membelinya," cerita Vinnie kepada detikOto.

Selain rasa bangga Vinnie juga merasa sangat beruntung bisa memiliki mobil bekas dinas Presiden RI ini, karena mobil ini pernah digunakan hampir seluruh Presiden RI, diawali dari era Soeharto, B.J Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri, dan Susila Bambang Yudhoyono.

Mobil Bekas Dinas Presiden RI Mercedes-Benz 300 EL SHD kelahiran 1992Mobil Bekas Dinas Presiden RI Mercedes-Benz 300 EL SHD kelahiran 1992 Foto: Agung Pambudhy/detik.com

"Mobil ini juga sebenarnya mobil cadangan pertama Presiden RI sejak 1992, artinya mobil bekas dinas Presiden RI ini sudah digunakan sejak era Pak Soeharto hingga Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono)," lanjut cerita Vinnie.

Soal harga, lelaki lulusan Universitas Trisakti ini menjelaskan harga banderol mobil bekas dinas ke Presidenan RI ini terbilang cukup mahal, jika melihat dari desain dan umur kendaraannya. Akan tetapi karena ini merupakan mobil bekas dinas kepresidenan RI, harga yang dibayari untuk memilikinya bisa dikatakan sepadan.

"Harga mobil ini ratusan juta rupiah," tutup Vinnie.

Mobil Bekas Dinas Presiden RI Mercedes-Benz 300 EL SHD kelahiran 1992Mobil Bekas Dinas Presiden RI Mercedes-Benz 300 EL SHD kelahiran 1992 Foto: Agung Pambudhy/detik.com


Simak Video "Mengintip Mobil Dinas Presiden Sukarno, Buick Super Sedan 1949"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com