Selasa, 15 Sep 2020 10:06 WIB

Penjualan Daihatsu Turun, Xenia Paling Terpukul

M Luthfi Andika - detikOto
Test Drive Xenia 2019 di Sibolga, Sumatera Utara (11-13 Februari 2019) Ilustrasi Daihatsu Xenia Foto: detikOto
Jakarta -

Penjualan kendaraan komersial Daihatsu memang tumbuh sekitar 1 persenan. Meski demikian Daihatsu harus menerima fakta yang ada bahwa penjualan Multi Purpose Vehicle (MPV) mereka seperti Xenia jadi model yang paling terpukul akibat pandemi Corona.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Daihatsu di Indonesia mengatakan penjualan Daihatsu Xenia mengalami penurunan terparah akibat Corona.

"Kalau kita lihat dari komposisi segmen otomotif di Indonesia memang segmennya Daihatsu Xenia, Toyota Avanza, Suzuki Ertiga dan lain-lainnya, itu segmen yang besar, dulu itu mencapai 22-25 persen menguasai market otomotif Indonesia. Nah di 2020 memang segmen ini sudah mengalami penurunan terutama setelah kuartal kedua, 2019 lalu itu masih 22-23% tahun itu komposisinya 15-16% jadi ada penurunan 6%," kata Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra.

"Segmen ini mengalami penurunan artinya yang turun bukan hanya dari Daihatsu tapi dari produk lain juga. Analisanya, selama masa pandemi Maret-Agustus ini mengalami penurunan dari segmen pembelinya, siapa sih orang yang membeli mobil di zaman seperti ini," Amelia menambahkan.

Test Drive Xenia 2019 di Sibolga, Sumatera Utara (11-13 Februari 2019)Test Drive Xenia 2019 di Sibolga, Sumatera Utara (11-13 Februari 2019) Foto: detikOto

Amelia juga menjelaskan ada dua tipe konsumen mobil yang membeli mobil saat masa pandemi seperti sekarang.

"Orang yang membeli mobil adalah orang yang benar-benar butuh atau siap financial, ini yang membuat terjadinya penurunan. Kalau kita lihat segmen 7 seater, mereka turun ke Daihatsu Sigra. Karena kita bisa lihat penurunan Sigra lebih sedikit (dibandingkan penurunan Xenia), sehingga artinya mereka masih butuh 7 seater. Jadi dari MPV 7 seater pindah ke MPV 7 seater LCGC," ujar Amelia.

"Kenapa demikian, karena LCGC Daihatsu Sigra 7 penumpang) harganya lebih terjangkau dari Xenia, jadi mereka shifting sedikit ya. Alhamdulillah masih punya Sigra jadi penurunannya nggak terlalu besar," cermat Amel.



Simak Video " Ingat! Jangan Asal Konsumsi Frozen Food"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com