Sabtu, 29 Agu 2020 10:16 WIB

Ekonomi RI Minus 5 Persen, BMW: Kita Tidak Bisa Hanya Diam

Luthfi Anshori - detikOto
BMW Exhibition di Plaza Senayan Jakarta BMW Exhibition di Plaza Senayan Jakarta (Foto: BMW)
Jakarta -

Pandemi virus Corona memukul perekonomian dunia, tak terkecuali Indonesia. Pertumbuhan makro ekonomi Indonesia pada kuartal kedua 2020 bahkan minus hingga 5,32 %. Merespons kondisi tersebut, BMW Group Indonesia mengatakan bahwa seluruh sektor ekonomi harus tetap bergerak, termasuk industri otomotif di kelas premium.

"Kami ingin mendukung pemerintah untuk tetap menggerakkan semua lini bisnis. Di mana kalau melihat dari segi premium, kendaraan kami bukan mobil yang murah. Ekonomi memang masih minus, tapi kita juga bisa perbaiki dengan penjualan yang lebih baik," buka Vice President Sales BMW Indonesia, Bayu Riyanto, dalam diskusi virtual, yang digelar Jumat (28/9/2020).

Sebagai informasi, sepanjang Januari-Juli 2020, BMW telah melepas 1.034 unit mobil baru di pasar otomotif Indonesia. Dalam periode tersebut BMW telah mengklaim menjadi merek mobil premium teratas di Indonesia, kendati secara year on year (YoY) penjualannya turun 25 %.

Maka itu, untuk memicu daya beli konsumen di segmen menengah atas ini, BMW rajin mengadakan program-program penjualan, termasuk yang terbaru adalah BMW Exhibition, yang digelar di Plaza Senayan, Jakarta, selama 3 hari, yakni 28-30 Agustus 2020.

"Pameran ini refleksi dari kondisi sekarang. Kita melihat bahwa kondisi dari calon pembeli BMW punya animo cukup tinggi. Memang banyak batasan dari jumlah pengunjung. Dan kita tentunya juga menjalankan protokol kesehatan yang ketat agar kenyamanan pengunjung tetap terjamin," sambung Director of Communications BMW Group Indonesia, Jodie O'tania, dalam kesempatan yang sama.

Lanjut Jodie menjelaskan, BMW Exhibition tak hanya sebatas memuaskan dahaga penikmat dan pecinta mobil mewah khas Eropa. Tapi juga yang lebih penting, bisa membangkitkan semangat para stakeholder yang terlibat dalam bisnis ini.

"Kita juga harus lihat stakeholder bisnis kita, dengan kita melakukan BMW exhibition kita bisa membangkitkan optimisme untuk dealer-dealer BMW. Kita juga melihat kebutuhan pelanggan yang ingin mengetahui teknologi-teknologi terbaru BMW. Jadi kita tidak hanya bisa diam saja," bilangnya lagi.

"Kami sangat optimis dari segmen premium akan terus meningkat. Perekonomian 2020 (kami rasa) masih bisa tumbuh 0,4 - 0,23 persen. Jadi (sekali lagi dikatakan) kita enggak bisa diam saja," tegas Jodie.

BMW Exhibition di Plaza Senayan JakartaBMW Exhibition di Plaza Senayan Jakarta Foto: BMW Exhibition di Plaza Senayan Jakarta (Foto: BMW)

Tentang BMW Exhibition

Hari ini (28/8) BMW Indonesia mengadakan BMW Exhibition dalam format online dan offline, diselenggarakan secara eksklusif di Plaza Senayan hingga 30 Agustus 2020. Dalam masa transisi ini, BMW terapkan standar tertinggi untuk protokol kesehatan, sanitasi dan kebersihan selama acara berlangsung.

Dalam acara ini, pengunjung dapat melihat dan mencoba langsung rangkaian kendaraan BMW terbaru, termasuk model flagship mewah BMW X7. Lengkap dengan penawaran menarik Drive now, Pay later.

Rangkaian unit test drive terdiri dari model-model favorit mulai dari BMW Seri 3, BMW Seri 5, BMW Seri 7, serta berbagai varian model BMW X - BMW X1, BMW X3, BMW X5, dan BMW X7. Kendaraan yang dipamerkan di BMW Exhibition termasuk tampilan perdana publik BMW 520i M Sport Edition 75, BMW Seri 7, BMW X7, BMW 840i Gran Coupe M Technic, BMW X5, BMW X3, BMW X1 dan BMW 320i.

"BMW Indonesia sangat senang dapat kembali hadirkan acara dengan format baru di mana kami dapat bertemu dengan para pelanggan dan fans BMW baik secara online maupun langsung di Plaza Senayan. Sesuai dengan janji saya dalam Virtual Launch yang lalu, BMW Indonesia akan mulai menyelenggarakan beberapa acara untuk menjawab kebutuhan pelanggan dan berikan berbagai penawaran menarik untuk seluruh penggemar BMW," kata Jodie.

"BMW Exhibition merupakan simulasi sempurna dari format normal baru untuk acara-acara BMW di masa mendatang, lengkap dengan penawaran menarik seperti program 'Drive now, Pay later'. Perhatian dan kecermatan detil dalam hal upaya sanitasi dapat membebaskan pelanggan dari rasa khawatir. Tujuannya adalah untuk melindungi kesehatan dan kesejahteraan karyawan serta pelanggan kami".

"Kami ingin pelanggan dapat menikmati dengan tenang saat mengunjungi BMW Exhibition atau diler BMW, test drive model-model terbaru, dan bahkan saat mengendarai BMW miliknya. Saya mengundang pelanggan setia dan BMW fans untuk datang ke BMW Exhibition di Plaza Senayan mulai hari ini hingga 30 Agustus 2020, pastinya tetap mematuhi protokol kesehatan dan jaga jarak," terang Jodie.

Di BMW Exhibition, terdapat berbagai program menarik yang hanya tersedia selama tiga hari, 28-30 Agustus 2020. Antara lain Drive now,Pay later, Secret Deal, Citi Eazy Pay, dan Program Tukar Tambah BMW Premium Selection (BPS) yang juga didukung oleh OLX Autos.



Simak Video "Mobil Listrik BMW i3s, Mungil tapi Bertenaga"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com