Kamis, 27 Agu 2020 18:57 WIB

Mobil Otonom Audi Mulai Diuji di China

M Luthfi Andika - detikOto
Audi A4 e-tron EV tantang Tesla Model 3 Audi E-Tron EV Foto: Pool (Autoevolution)
Jakarta -

Pabrikan otomotif dunia mulai menguji mobil otonom alias otomatis mereka. Kali ini giliran Audi yang mengumumkan akan menguji mobil otonom mereka di Hefei China. Diujinya mobil otonom Audi di Hefei ini bukan tanpa alasan, karena Hefei memiliki penjualan mobil terbesar di dunia.

Dikutip dari autoblog, Volkswagen AG mengatakan mulai menguji mobil otonom Audi E-Tron EV di Hefei China. Langkah ini seturut dengan pabrikan lainnya yang sudah lebih dulu menguji mobil otonom mereka di sana. Sebut saja Toyota, yang sudah menguji Pony.ai dan Baidu Inc. Sementara Nissan yang melakukan pengujian pada WeRide. China memang telah menjadi hot spot bagi pabrikan otomotif untuk menguji mobil otonom.

Disebutkan kalau Volkswagen AG akan mulai menguji mobil otonom mereka di Hefei pada September 2020. Yang membedakan, mobil otonom Audi E-Tron EV ini tidak hanya diuji dan diperuntukkan bagi karyawan Volkswagen saja , masyarakat China diperbolehkan untuk melakukan pengujian.

Tidak ada keterangan lebih lanjut bagaimana Audi akan melakukan pengujian. Meski demikian mobil otonom ini menjadi salah satu model yang menarik untuk ditunggu.

Audi A4 e-tron EV tantang Tesla Model 3Audi A4 e-tron EV tantang Tesla Model 3 Foto: Pool (Autoevolution)

Rencana pengujian Audi E-Tron EV bakal makin menguatkan nama VW di China. Mereka kini menjadi pabrikan asing paling kuat di China. Pada Mei 2020, Volkswagen mengatakan akan melakukan investasi 1 miliar Euro untuk bisa mengambil 50 persen saham perusahaan otomotif China JAC.

Selain itu, Volkswagen juga akan mengambil kendali penuh terhadap manajemen patungan kendaraan listrik milik JAC di Hefei. Itu dilakukan dengan meningkatkan kepemilikan sahamnya menjadi 75%, dari sebelumnya 50%.

Tidak sampai di situ, Volkswagen saat ini juga memiliki usaha dengan perusahaan asal China FAW Group Corp Ltd dan SAIC Motor Corp Ltd.

Saat ini penjualan mobil Volkswagen AG memang tengah mengalami penurunan di China, dengan hanya mampu menjual 1,59 juta unit kendaraan di China pada enam bulan pertama 2020. Angka tersebut turun 17 persen dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu yang sebesar 1,92 juta unit kendaraan.



Simak Video "Selamat! Audi Marissa dan Anthony Xie Sudah 'Sah'"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com