Kamis, 27 Agu 2020 13:41 WIB

Benarkah SUV Esemka Meluncur Tahun Ini?

Ridwan Arifin - detikOto
Esemka Garuda 1 Esemka Garuda 1 Foto: Ragil Ajiyanto
Jakarta -

Esemka tidak hanya menyiapkan mobil di segmen komersial, yakni pikap Bima. Produsen mobil yang memiliki basis produksi di Boyolali, Jawa Tengah itu pernah memamerkan kendaraan penumpang di model Sport Utility Vehicles (SUV).

Pada 2019 lalu, PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) sempat memamerkan salah satu SUV bongsornya. SUV itu tampak gagah, dari segi tampilan eksterior tak kalah dengan SUV dari merek Jepang.

SUV itu adalah Esemka Garuda 1. Memang Esemka mengaku belum berniat meluncurkan mobil penumpang. Tapi dengan ditampilkannya SUV Esemka Garuda 1, tak menutup kemungkinan Esemka akan meluncurkannya.

Apalagi di media sosial sempat dibuat narasi bahwa Esemka Garuda 1 akan meluncur di tahun 2020.

[Gambas:Instagram]

Tapi Humas PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) Sabar Budi menjelaskan untuk saat ini pihaknya masih memasarkan model pikap Bima. Ia tidak mengkonfirmasi kapan SUV Garuda 1 akan diluncurkan di tahun 2020.

"Masih prototipe (Esemka Garuda 1)," ujar Sabar Budi saat dihubungi detikcom, Kamis (27/8/2020).

Sabar juga mengatakan akun sosial media instagram atas nama @Esemkaofficial_ yang mengabarkan Esemka Garuda 1 akan meluncur itu akun palsu.

"Iya betul (palsu), akun (milik Esemka yang resmi adalah) @esemkaindonesia," ungkap Sabar.

Nama Esemka Garuda 1 juga sudah terdaftar dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2019. Pada lampiran peraturan tersebut, tertulis merek Esemka Garuda 1.

Dalam daftar lampiran halaman 22, nama Esemka Garuda 1 masuk ke jenis mobil penumpang Minibus. Dengan nomor koding 10365101001, Esemka Garuda 1 dibekali mesin 2.000 cc.



Simak Video "Intip Kemewahan Interior Esemka Garuda 1"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com