Hancur, Mobil-mobil Ini Jadi Saksi Bisu Dahsyatnya Ledakan di Lebanon

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 05 Agu 2020 11:22 WIB
Dua ledakan besar mengguncang area pelabuhan di Beirut, Lebanon, Selasa (4/8) waktu setempat. Selain menghancurkan jendela gedung, ledakan ini juga merusak sejumlah mobil.
Ledakan dahsyat di Lebanon menghancurkan bangunan hingga kendaraan. Foto: AP Photo/Hassan Ammar
Beirut -

Ledakan besar terjadi di Beirut, Lebanon. Ledakan yang terjadi di area pelabuhan di Beirut, Lebanon, itu menghancurkan seisi kota. Bangunan hingga kendaraan tampak hancur akibat ledakan di Lebanon tersebut.

Dalam beberapa gambar foto dan video yang beredar, tampak mobil-mobil warga hancur. Mobil-mobil city car hingga SUV itu rusak parah akibat ditimpa reruntuhan bangunan yang rusak akibat ledakan besar di Beirut, Lebanon.

Dua ledakan besar mengguncang area pelabuhan di Beirut, Lebanon, Selasa (4/8) waktu setempat. Selain menghancurkan jendela gedung, ledakan ini juga merusak sejumlah mobil.Dua ledakan besar mengguncang area pelabuhan di Beirut, Lebanon, Selasa (4/8) waktu setempat. Selain menghancurkan jendela gedung, ledakan ini juga merusak sejumlah mobil. Foto: Daniel Carde/Getty Images

Kaca mobil pecah, bodi mobil pun tak sedikit yang penyok. Ada pula mobil yang terbalik diterjang ledakan yang cukup besar.

Tak cuma mobil, ledakan yang terjadi di area pelabuhan juga menghancurkan truk dan kontainernya. Dalam gambar yang ditangkap fotografer, tampak truk itu hancur dan kacanya pecah.

Dua ledakan besar mengguncang area pelabuhan di Beirut, Lebanon, Selasa (4/8) waktu setempat. Selain menghancurkan jendela gedung, ledakan ini juga merusak sejumlah mobil.Dua ledakan besar mengguncang area pelabuhan di Beirut, Lebanon, Selasa (4/8) waktu setempat. Selain menghancurkan jendela gedung, ledakan ini juga merusak sejumlah mobil. Foto: Marwan Tahtah/Getty Images

Ledakan besar terjadi dua kali di area pelabuhan Beirut. Ledakan kedua memicu bola api raksasa berwarna oranye ke langit Beirut pada (4/8) waktu setempat, yang diikuti gelombang kejut seperti angin tornado yang meratakan area pelabuhan dan menyapu kota Beirut, bahkan memecahkan kaca di lokasi berjarak beberapa kilometer.

Ledakan di Beirut juga dikabarkan turut menghancurkan rumah milik mantan bos Renault-Nissan, Carlos Ghosn. Rumah Ghosn yang berada di wilayah kelas atas Achrafieh disebut rusak akibat ledakan di Lebanon.Diduga, sekitar 2.750 ton amonium nitrat yang tersimpan dalam gudang pelabuhan menjadi sumber ledakan dahsyat yang tersebut. Saat ini, korban tewas akibat ledakan besar itu mencapai 78 orang. Hampir 4.000 orang luka-luka akibat ledakan di Beirut, Lebanon, itu.

"Kami baik-baik saja, tapi rumahnya hancur. Seluruh Beirut hancur," kata Carole Ghosn, istri mantan bos Nissan tersebut seperti dikabarkan media asal Brasil, Estadao.



Simak Video "From Rusia With Love, Bantuan ke Lebanon Diterbangkan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)