Senin, 03 Agu 2020 10:36 WIB

KIA Seltos Bertenaga Listrik, Beginikah Tampangnya?

Luthfi Anshori - detikOto
KIA Seltos Bertenaga Listrik Kia Seltos bertenaga listrik. Foto: Dok. electricvehicleweb.in.
Seoul -

Kendaraan ramah lingkungan kini menjadi road map utama pabrikan otomotif dunia. Sebagai langkah efisiensi, produk mobil listrik biasanya dikembangkan dari platform mobil pembakaran internal (ICE). Strategi ini juga akan dilakukan merek otomotif Korea Selatan, KIA. Santer diberitakan KIA akan meluncurkan SUV listrik dari basis KIA Seltos.

Kendati belum diketahui pasti, kapan KIA Seltos listrik diperkenalkan, rekaan desain KIA Seltos mulai bermunculan di dunia maya. Salah satunya adalah sketsa digital alias rendering KIA Seltos listrik yang dipublikasikan di situs electricvehicleweb.in.

Dari gambar tersebut bisa dilihat Seltos versi listrik akan mempertahankan bahasa desain yang sama dengan Seltos versi mesin konvensional.

KIA kembali ramaikan pasar otomotif Indonesia dengan meluncurkan All New Seltos. Mobil baru KIA ini harganya dibanderol mulai dari Rp 295 Juta.Kalau ini KIA Seltos dengan mesin konvensional. Foto: Agung Pambudhy

Perubahan mencolok di bagian eksterior ada pada bagian grille depan yang didesain ulang tanpa rongga udara. Seperti diketahui, motor listrik tidak membutuhkan asupan udara untuk menggerakkan mesin maupun mendinginkan mesin.

Sementara untuk desain fascia, KIA Seltos listrik diyakini masih mempertahankan bentuk hidung macan (tiger nose), namun agak sedikit mirip dengan yang terlihat di crossover Kia e-Soul.

Sebagai penegas status kendaraan ramah lingkungan, aksen biru pun disematkan di atas lampu depan, termasuk di sekitar lampu kabut dan di skid plate. Selain itu, mobil ini dibekali lampu depan LED, DRL, dan lampu kabut LED dengan titik 3.

Sementara untuk bagian interior, KIA Seltos listrik diharapkan dilengkapi fitur terkini seperti sunroof elektrik, kursi berventilasi, layar sentuh untuk infotainment, juga ventilasi AC untuk penumpang belakang.

Versi listrik KIA Seltos kemungkinan akan membawa paket baterai berkapasitas 64 kWh, yang merupakan unit yang sama seperti yang dipakai di Hyundai Kona versi listrik.

Motor listrik akan memberi daya pada roda depan dan diharapkan memiliki jangkauan jarak tempuh hingga 450 km. Seltos EV (Electric Vehicle) mendukung pengisian daya AC dan DC, yang memungkinkan pengguna mengisi ulang baterai dengan cepat (quick charge) jika diperlukan.



Simak Video "KIA Picanto, Sang Raja City Car yang Kembali Mengincar Tahtanya"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com