Kamis, 30 Jul 2020 21:48 WIB

OLX Autos Tawarkan Jual Mobil Instan, Apa Keuntungan untuk Konsumen?

Yudistira Imandiar - detikOto
OLX Foto: Yudistira Imandiar
Jakarta -

Sebagai platform jual mobil bekas, OLX Autos menawarkan layanan jual-beli instan. Selain bisa jual mobil cepat, adakah keuntungan lain yang diperoleh konsumen?

OLX Autos yang merupakan rebranding dari belimobilgue.co.id memadukan kanal online dan offline dalam layanannya. Konsumen yang hendak menjual mobil, bisa mendapatkan valuasi harga awal dari mobilnya sebelum melanjutkan transaksi.

CEO OLX Autos, Johnny Widodo, menerangkan, harga awal yang dilihat konsumen merupakan prakiraan umum dari harga pasar mobil. Harga yang lebih pasti dapat diperoleh setelah mobil diinspeksi untuk penilaian kondisi dan kelayakan kendaraan.

"Kita punya satu pricing engine berdasarkan data-data yang sudah kita dapatkan selama ini, baik itu dari OLX, OLX Autos, atau juga dari informasi yang ada di luar sana," terang Johhny dalam perbincangan virtual dengan media, Kamis (30/7/2020).

"Valuasi awal itu memang prakiraan kasar. Kenapa saya bilang prakiraan kasar? Karena kondisi mobil bisa beda-beda gitu kan. Bisa bekas tabrak, bisa bekas banjir, kilometernya bisa berbeda jauh, atau warna, jenis, tipe bisa berpengaruh, atau penyok. The real fair market value itu bisa kita berikan pada saat inspeksi sudah terjadi," sambungnya.

Proses inspeksi, terang Johhny, dapat memberikan penawaran harga yang objektif bagi konsumen. Laporan pemeriksaan dari tim OLX Autos menjadi acuan dalam penentuan harga, sehingga diharapkan konsumen bisa lebih yakin saat menjual mobilnya.

"Yang kita lakukan itu kaya medical check up. Jadi bener-bener (mobil) dia masuk kita check up, dan kita bilang kondisi mobil Anda begini, dan berdasarkan database pricing yang kita punya, dengan kondisi seperti ini mobil ini fair valuenya segini. Jadi dia udah punya bayangan," tutur Johnny.

Untuk mendukung layanan jual mobil instan, OLX Autos memiliki lebih dari 2.000 mitra yang dapat membeli mobil konsumen. Johnny mengatakan banyaknya mitra yang memberikan penawaran akan membentuk harga yang kompetitif. Proses penawaran pun berlangsung cepat, dalam kisaran waktu 15-20 menit konsumen sudah bisa menerima harga dan memutuskan untuk melanjutkan transaksi.

"Ini kan prinsip ekonomi yang sangat simple antara supply dan demand. Kalau ada satu mobil , 2.000 orang yang lihat (dibandingkan) ada satu orang bawa satu mobil dan satu orang yang lihat, harga yang terbentuk akan berbeda. Kemungkinan kita bisa untuk memberikan harga yang lebih baik atau yang saya bisa bilang kompetitif akan lebih besar," timpal Johnny.

Johnny menegaskan, OLX Autos menerima berbagai jenis mobil dengan beragam kondisinya, seperti pajak mati atau BPKB masih di pihak leasing. Namun, setiap kekurangan pada mobil tentunya akan mempengaruhi harga penawaran.

"Kita bisa tetap menerima walaupun mobil tersebut dalam kondisi pajak mati tapi nanti ada hitung-hitungannya karena pajak itu kan tetap harus dibayar," kata Johnny.

"Jadi kita juga terima (dokumen masih di leasing), asal ada surat pernyataan resmi bahwa dokumen BPKB dan lain-lain masih di pihak leasing," ungkap Johnny.



Simak Video "Gokil! Mobil Bekas Dimodifikasi Jadi Musala"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com