Kamis, 16 Jul 2020 16:38 WIB

BMW X3 M Competition dan X4 M Competition Meluncur, Mesin Lebih Gahar

Rangga Rahadiansyah - detikOto
BMW Luncurkan X3 M Competition dan X4 M Competition BMW X3 M Competition (kiri) dan BMW X4 M Competition (kanan). Dok. BMW Group Indonesia.
Jakarta -

BMW Group Indonesia meluncurkan dua mobil baru lagi meski Indonesia masih dilanda pandemi virus Corona (COVID-19). Kali ini, giliran BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition yang bakal meramaikan jalanan Indonesia.

Mengusung emblem M, BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition diklaim sebagai kendaraan performa tinggi. BMW X3 M Competition mengisi segmen Sports Activity Vehicle (SAV) dan BMW X4 M Competition hadir dengan bentuk uniknya sebagai Sports Activity Coupé (SAC).

"Di Indonesia, pelanggan BMW selalu layak untuk mendapatkan yang terbaik dan karena itu BMW Indonesia hanya tawarkan model spesifikasi Competition di pasar ini. Ketika berbicara mengenai kekuatan mesin dan kemampuan serba bisa, BMW X3 M dan BMW X4 M akan tetapkan sebuah standar baru di antara SAV/SAC performa tinggi. Kedua kendaraan ini memiliki mesin bensin straight-six paling kuat dibandingkan model BMW M mana pun dengan 510 HP. Kekuatan ini sangat serasi dengan karakteristik khas BMW M, yaitu dinamis, tangkas, dan presisi, namun tetap memberikan fungsionalitas dan kenyamanan untuk perjalanan jarak jauh," kata Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia saat peluncuran secara virtual, Kamis (16/7/2020).

BMW Luncurkan X3 M Competition dan X4 M CompetitionBMW X3 M Competition. Foto: Dok. BMW Group Indonesia

Diklaim terkuat, BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition menggendong mesin in-line enam silinder terbaru. Mesin ini menonjolkan karakter BMW M high-revving, pembaruan teknologi BMW M TwinPower Turbo, ditambah sistem pendingin dan oil supply yang telah teruji di lintasan balap. Dengan varian bi-turbo yang dikembangkan khusus untuk BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition, mesin ini mencatatkan output sebesar 30 hp lebih tinggi dari varian non-Competition menjadi total 510 hp.

BMW Luncurkan X3 M Competition dan X4 M CompetitionBMW X3 M Competition (silver) dan X4 M Competition (merah). Foto: Dok. BMW Group Indonesia

Mesin enam silinder itu juga memiliki torsi puncak 600 Nm di antara 2.600-5.950 rpm. Kedua model Competition ini mampu melesat dari 0-100 km/jam hanya dalam 4,1 detik. Kecepatan puncak kedua model adalah 250 km/jam yang diatur secara elektronik.

BMW menyebut, ketersediaan BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition sangat terbatas. Mobil ini dijual dengan harga Rp 2.189.000.000 (off-the-road) untuk BMW X3 M Competition dan Rp 2.229.000.000 (off-the-road) untuk BMW X4 M.

"Sebetulnya nggak limited banget. Tapi BMW M mobilnya nggak se-mass seperti yang reguler model lainnya. Karena juga worldwide demand-nya cukup tinggi memang untuk menjaga eksklusivitas model M kita nggak buat sebanyak yang reguler. Tahun ini kuota kita untuk masing-masing model masih di bawah dua digit (kurang dari 10 unit). Kita lihat ke depannya bagaimana peminat dari customer ini animonya seperti apa," tambah Product Planning, BMW Group Indonesia, Anindyanto Dwikumoro di kesempatan yang sama.



Simak Video "Mobil Listrik BMW i3s, Mungil tapi Bertenaga"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com