Biar Lebih Sehat, Mobnas Malaysia Bakal Dilengkapi Filter N95

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sabtu, 11 Jul 2020 14:10 WIB
Proton X70 dan Logo Proton
Ilustrasi mobil nasional Malaysia Proton Foto: Proton
Jakarta -

Pandemi virus Corona (COVID-19) memaksa perusahaan otomotif memikirkan solusi agar kendaraan yang diproduksinya tetap terhindar dari virus. Misalnya, saat servis mobil pelanggan akan dibersihkan sehingga diharapkan tak ada virus yang menempel.

Selain itu, pabrikan mobil juga mulai menambahkan perangkat penghalau bakteri dan virus pada mobil yang diproduksinya. Salah satunya dilakukan oleh perusahaan mobil nasional Malaysia, Proton.

Proton mengumumkan, semua mobil yang dijualnya akan dilengkapi dengan filter kabin N95. Filter kabin itu diharapkan bisa membuat kabin mobil lebih menyehatkan.

Sebelumnya, filter kabin N95 itu hanya tersedia pada mobil Proton X70 terbaru. Namun ke depannya, Proton akan melengkapi filter kabin N95 sebagai fitur standar pada Proton Saga, Persona, Iriz dan Exora yang ijual mulai 9 Juli 2020 tanpa tambahan biaya.

Proton juga menyediakan filter kabin N95 untuk pengguna mobil lama. Namun, pengguna mobil Proton yang lama harus membayar jika ingin menggunakan filter kabin N95 pada mobilnya.

Mobil nasional Malaysia ProtonMobil nasional Malaysia Proton Foto: Pool (Paultan)

Filter kabin N95 itu disebut memberikan penyaringan udara yang lebih baik dibandingkan dengan filter debu yang tersedia di mobil-mobil saat ini. Langkah penyematan filter N95 adalah bagian dari inisiatif Geely, perusahaan otomotif China yang memiliki sebagian besar saham Proton.

Selain filter kabin N95, Geely akan melengkapi semua kendaraan masa depannya dengan G-Clean Intelligent Air Purification System (IAPS). Itu merupakan sistem pemurnian udara cerdas yang akan secara otomatis menyaring partikulat berbahaya.

Filter karbon kimia aktif pada IAPS akan menyerap gas berbahaya saat memasuki kabin. Sistem ini juga termasuk generator ion negatif yang mensterilkan udara di dalam kendaraan, dan menghilangkan virus, bakteri, dan jamur di udara. Menurut Geely, sistem itu memiliki tingkat penyaringan yang sama dengan sistem respirasi N95, kata Geely.



Simak Video "Mimpi Erdogan Terealisasi, Turki Kini Miliki Mobil Listrik Nasional"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)