Selasa, 30 Jun 2020 16:04 WIB

Toyota Alphard Via Vallen yang Terbakar Keluarkan Ledakan, Ini Penyebabnya

Luthfi Anshori - detikOto
Mobil Alphard warna putih milik Via Vallen terbakar. Mobil bernopol W 1 VV itu diduga dibakar orang tak dikenal sekitar pukul 03.20 WIB, Selasa (30/6/2020). Mobil Toyota Alphard Via Vallen terbakar. (Suparno/detikOto)
Jakarta -

Mobil Toyota Alphard milik penyanyi dangdut Via Vallen terbakar dini hari tadi (30/6). Tak hanya terbakar, mobil mewah itu juga mengeluarkan ledakan kecil. Mobil meledak saat terbakar itu wajar, namun tak sedramatis di film-film hollywood.

"Mobil bisa meledak saat terbakar, tapi biasanya pelan-pelan. Memang kalau di film-film (ada ledakan besar dari mobil yang terbakar-Red) selain untuk unsur mendramatisir, biasanya di situ kan juga ada adegan lemparan bom," terang Service Manager Auto2000 Cilandak, Suparna, melalui sambungan telepon kepada detikOto, Selasa (30/6/2020).

Menurut Suparna ledakan pada mobil yang terbakar biasanya akan terjadi perlahan. Jika kebakaran itu terjadi sebab hubungan pendek arus listrik, ledakan bakal terjadi sampai api mengenai komponen yang mudah meledak.

"Kalau mobil itu terbakar biasanya akan merambat pelan-pelan ke komponen lain, sampai terkena sistem bahan bakar, di mana di situ banyak komponen karet-karet. Nah disaat karet itu terbuka, kemudian di situ ada uap bensin yang bertebaran, kemudian ada api, itu akan terjadi letupan," lanjut Suparna.

Komponen lain yang mudah meledak adalah battery aki. "Dari area mesin, yang paling sering meledak kalau ada kebakaran adalah aki. Kalau api sudah membesar aki pasti akan meledak. Itu kan ada saluran elektrolitnya," bilangnya lagi.

Dari semua komponen mobil yang mudah terbakar dan mudah meledak, tangki bahan bakar menjadi bagian yang mengeluarkan ledakan paling besar jika terkena api.

"Kalau api sampai merambat ke bawah ada tangki bahan bakar, saat tangki bahan bakar itu panas akan terjadi ledakan sangat keras. Ledakan paling keras kalau tangki bahan bakar yang sudah dilindungi itu terbakar. Selain itu ledakan relatif lebih kecil," tukas Suparna.



Simak Video "Detik-detik Mobil Bermuatan Elpiji Terbakar di SPBU Cianjur"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com