Selasa, 30 Jun 2020 12:08 WIB

Toyota Alphard Via Vallen Disebut Dibakar Orang, Ini Komentar Ahli

Luthfi Anshori - detikOto
Mobil Alphard warna putih milik Via Vallen terbakar. Mobil bernopol W 1 VV itu diduga dibakar orang tak dikenal sekitar pukul 03.20 WIB, Selasa (30/6/2020). Mobil Toyota Alphard Via Vallen ludes terbakar. Foto: Suparno
Jakarta -

Toyota Alphard milik penyanyi dangdut Via Vallen ludes terbakar. Dalam penjelasan di akun instagram resminya, Via Vallen mengatakan mobil mewahnya itu dibakar orang.

"Ini tolong pemadam kebakaran cepat ke sini tolong. Aku takut ini apinya ke rumah terus nyebar, sebelah rumahku ada tetangga juga. Ini katanya tadi ada yang bakar. Awas ya yang bakar kamu aku lapori polisi," kata Via di unggahan Instagram Stories.

Lalu seperti apa analisis mekanik ahli? Dijelaskan Service Manager Auto2000 Cilandak, Suparna, mobil adalah salah satu barang yang gampang terbakar. Selain dari faktor ketidaksengajaan seperti karena hubungan arus pendek listrik, mobil juga bisa disengaja dibakar oleh tangan manusia.

"Mobil itu gampang terbakar. Terutama di bawah kap mesin, itu kan banyak komponen-komponen plastik. Ya, bisa saja kalau ada orang jahat, kemudian di bawah kap mesin itu ditaruh api, misal dilempar bom molotov," kata Suparna, melalui sambungan telepon kepada detikOto, Selasa (30/6/2020), terkait terbakarnya Toyota Alphard milik Via Vallen.

Selain banyak komponen plastik di area mesin yang mudah terbakar. Di area kaki-kaki mobil juga terdapat bahan karet dari keempat ban, yang juga rentan terbakar.

"Di bagian bawah kendaraan tidak semua terbuat dari besi ya. Kan ada kabel-kabel dan cover-cover yang terbuat dari plastik dan karet-karet seal, itu sangat mudah terbakar dan merembet. Kemudian bannya dari karet. Terus misalnya ada percikan api di sekitar ban, itu juga mudah merembet," lanjut Suparna.

Dari amatan, mobil Toyota Alphard Via Vallen hampir terbakar seluruhnya. Ban depan terbakar habis, mesin, bumper depan, hingga area kabin juga tak luput dari lalapan si jago merah. Bagian kursi bahkan tinggal menyisakan rangkanya saja.

Diberitakan detikcom sebelumnya, mobil Toyota Alphard warna putih bernopol W 1 VV itu terparkir di samping rumah penyanyi dangdut tersebut di Desa Kali Tenggah Selatan RT 2 RW 3 Tanggulangin, Sidoarjo.

"Iya ini mobil Via Vallen yang terbakar," kata adik Via Vallen, Mella Rossa (24) kepada detikcom di lokasi, Selasa (30/6/2020). Menurut dia, peristiwa itu terjadi shubuh sekitar pukul 03.20 WIB.



Simak Video "Alphard Via Vallen Diduga Sengaja Dibakar, Terduga Pelaku Ditangkap"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com