Senin, 22 Jun 2020 20:56 WIB

Round-Up

Masalah Fuel Pump, Xpander-Livina Kena Recall di Indonesia

tim detikcom - detikOto
detikoto melakukan uji irit dari 6 mobil tipe MPV dari berbagai macam pabrikan di bridgestone sirkuit, Karawang. Ke enam mobil tersebut adalah Wuling Cortez, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Daihatsu Xenia, Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander. Grandyos Zafna/detikcom Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina kena recall di Indonesia Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Mobil low MPV Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina mengumumkan kampanye recall atau perbaikan. Kedua mobil tersebut, memiliki masalah pada fuel pump atau pompa bahan bakar.

Adapun mobil yang terdampak adalah Xpander produksi tahun 2017 sampai 2019, totalnya sebanyak 139.111 unit.

Sedangkan All New Nissan Livina yang harus diperbaiki adalah unit yang diproduksi antara 22 Februari 2019 sampai 24 Agustus 2019. Jumlah mobil yang terdampak sebanyak 9.314 unit.

Wajah Livina hingga bentuknya sangat identik dengan Xpander berkat bergabungnya Mitsubishi dengan aliansi Renault-Nissan. Yuk, lihat lebih dekat.Wajah Livina hingga bentuknya sangat identik dengan Xpander berkat bergabungnya Mitsubishi dengan aliansi Renault-Nissan. Yuk, lihat lebih dekat. Foto: Dadan Kuswaraharja

Berdasarkan investigasi yang dilakukan tim Mitshubishi, ditemukan Fuel Pump di dalam tangki dapat berhenti beroperasi, yang berpotensi mengakibatkan mesin tidak dapat dinyalakan atau berhenti bekerja.

Kemungkinan penyebabnya adalah impeller memuai dan berubah bentuk, kemudian bergesekan dengan bagian di sekitarnya, sehingga impeller tersebut berhenti berputar.

Permasalahan pada Nissan Livina yang harus di-recall sama seperti Mitsubishi Xpander. Sudu dengan material resin di dalam pompa bensin dapat membesar dan membuat pompa bensin berhenti berputar, hal tersebut akan mengakibatkan mesin tidak dapat hidup atau mesin berhenti.

Ekspedisi Xpander 2.000 KM Jawa pada hari terakhir  melanjutkan perjalannya dari Tasikmalaya menuju Jakarta, Minggu (26/5/2019).Ekspedisi Xpander 2.000 KM Jawa pada hari terakhir melanjutkan perjalannya dari Tasikmalaya menuju Jakarta, Minggu (26/5/2019). Foto: Grandyoz Zafna

Perbaikan gratis

Mitsubishi mulai kampanye recall sejak 22 Juni 2020 di seluruh dealer kendaraan penumpang Mitsubishi di Indonesia. Konsumen bisa membawa mobilnya ke bengkel resmi atau memanfaatkan fasilitas home service. Konsumen tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengikuti kampanye perbaikan ini.

Kampanye perbaikan dilakukan untuk melakukan pemeriksaan pada label modul fuel pump Xpander dan melakukan pergantian unit fuel pump dengan yang sudah disempurnakan. Estimasi pelaksanaan pemeriksaan sekitar 1 jam/unit dan proses pemeriksaan dan perbaikan sekitar 2 jam/unit.

Sedangkan Nissan akan menghubungi pemilik kendaraan yang terdampak mulai hari ini, agar pelanggan dapat segera melakukan pemeriksaan kendaraan dan penggantian pompa bensin di seluruh dealer resmi Nissan tanpa dipungut biaya.

Selain itu, konsumen bisa mengunjungi website www.nissan.co.id untuk mengecek apakah kendaraan miliknya terdampak atau tidak.

Nissan mengklaim tidak mendapatkan laporan akan terjadinya insiden fatal di Indonesia terkait dengan hal ini. Perlu diketahui bahwa perbaikan hanya memerlukan waktu sekitar 72 menit dan gratis.



Simak Video "Muncul Pertama di Indonesia, Xpander Cross Tampilkan Tiga Varian"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com