Kamis, 11 Jun 2020 11:43 WIB

SUV Listrik Pertama BMW Buatan China Mulai Diumbar

Ridwan Arifin - detikOto
BMW iX3 masuk ke jalur produksi BMW iX3 masuk ke jalur produksi Foto: Motor1
Shenyang -

BMW iX3 bertenaga listrik mulai diumbar ke publik. BMW Brilliance Automotive (BBA), perusahaan patungan antara BMW Group dan Brilliance China Automotive Holdings Ltd memberi bocoran BMW iX3 mendekati jalur produksi di pabrik Shenyang, Liaoning, China.

BMW iX3 akan diproduksi pada line yang sama dengan varian X3. Bahkan, iX3 hanya memiliki perbedaan seperti roda dan beberapa detail aerodinamis.

Seperti yang sudah bocor di media sosial sebelumnya. Tampilan berbeda terlihat pada desain roda yang kini menggunakan desain milik mobil konsep iX3. Kesan ramah lingkungan juga diperlihatkan dengan sentuhan warna biru pada sisi samping dan belakang.

BMW iX3 masuk ke jalur produksiBMW iX3 masuk ke jalur produksi Foto: Motor1

SUV listrik pertama BMW akan dibuat di Cina dan dikirim secara global. Saat ini BMW iX3 sedang dalam jalur produksi dan diharapkan dapat menjangkau pelanggan pada akhir tahun ini.

iX3 telah diuji selama lebih dari 4.785 mil (7.700 kilometer) selama lebih dari 340 jam dalam empat minggu. Sementara itu, pabrikan telah menyiapkan pabriknya di Shenyang untuk produksi massal model tersebut, di mana model pra-produksi ke-200 baru-baru ini keluar dari jalur perakitan.

BMW iX3 masuk ke jalur produksiBMW iX3 masuk ke jalur produksi Foto: Motor1

"Kami berada di jadwal yang tepat soal pra-produksi BMW iX3 dan rencananya akan meluncurkan produksi standar pada akhir musim panas. Kami menggunakan teknologi canggih seperti pemasangan kustom baterai bertegangan tinggi baru dan kecerdasan buatan untuk memantau bagian-bagian," ujar Robert Küssel, Direktur Pabrik BBA seperti dikutip Motor1, Kamis (11/6/2020).

"Kami juga memproduksi BMW iX3 sepenuhnya listrik dan BMW X3 dengan mesin pembakaran pada jalur produksi yang sama. Ini memungkinkan kami untuk mencapai efisiensi dan fleksibilitas tinggi dalam produksi," lanjut Küssel.

Berbicara ketangguhan mesin, BMW iX3 memiliki jarak tempuh sekitar 440 km. Mobil ini menggunakan baterai 74kWh yang terpasang di lantai, motor listrik yang dipasang di rear axle untuk memuntahkan tenaga 285 tenaga kuda dan torsi 400 Nm. BMW iX3 menggunakan teknologi eDrive generasi ke-5, yang mengintegrasikan motor listrik (e-motor), gearbox, dan sistem elektronik ke area sentral.



Simak Video "Mobil Listrik Anak Bangsa, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com