Kamis, 04 Jun 2020 13:20 WIB

Dear Pak Polisi, Ini Saran Netizen untuk Hindari Antrean Panjang Pelayanan SIM

Doni Wahyudi - detikOto
Pemohon Perpanjangan Sim Antrean warga yang ingin perpanjang SIM (TMC Polda Metro Jaya)
Jakarta -

Beberapa hari ini warga yang datang pelayanan SIM membludak menciptakan antrean panjang. Di media sosial, netizen berkeluh kesah dan menawarkan solusi untuk menghindari kepadatan.

Setidaknya pada Rabu dan Kamis (3-4/6) ini terjadi antrean sangat panjang di kantor pelayanan SIM. Pagi tadi, ratusan orang mengular pada pusat pelayanan SIM yang berlokasi di TMII dan Kemayoran.

Kepadatan terjadi karena sebagian besar gerai pelayanan SIM di Jakarta belum beroperasi normal. Sementara banyak warga yang SIM-nya habis saat PSBB ingin melakukan perpanjangan.



Sebenarnya polisi sudah punya strategi untuk menghindari penumpukan permohonanan SIM. Polda Metro sudah menegaskan kalau SIM yang habis di periode PSBB diberi dispensasi sampai akhir Juni. Selain itu, demi menghindari penumpukan pemohon diberlakukan pembatasan jumlah warga yang dilayani.

Namun antusias warga yang ingin memperpanjang SIM ternyata sangat tinggi. "Ada kuota pelayanan harian disesuaikan dengan kapasitas ruang tunggu," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dihubungi detikcom.

Kondisi panjangnya antrean pelayanan SIM yang diposting oleh akun Twitter @tmcpoldametro mengundang banyak reaksi dari netizen. Ada yang berkeluh kesah karena kesulitan memperpanjang SIM, tapi banyak juga yang memberi masukan.

Polisi disarankan memperpanjang durasi pelayanan SIM. Selain itu gera-gerai yang tersebar di beberapa wilayah juga diminta mulai dioperasikan kembali.













Simak Video "Dirlantas Polda Metro: Jangan Memaksa Perpanjang SIM Hari Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(din/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com