Jumat, 29 Mei 2020 14:36 WIB

Puasa Produksi Wuling Lanjut Sehabis Lebaran

M Luthfi Andika - detikOto
Pabrik Mobil Wuling di Cikarang Pabrik Wuling di Cikarang Foto: Dok. Wuling Motors Indonesia
Jakarta -

Berbeda pesaingnya dari China, DFSK, yang sudah kembali mulai produksi kendaraan, Wuling Motors menyatakan memperpanjang masa penghentian sementara produksi kendaraan di Indonesia. Langkah Wuling ini dilakukan dilakukan sesuai dengan aturan dari pemerintah.

Dalam catatan detikOto, jika dilihat dari domisili kedua pabrik baik DFSK dan Wuling Motors memang memiliki wilayah yang berbeda. Pabrik DFSK berdiri di Banten sedangkan Wuling Motors pabriknya berdiri di Cikarang Jawa Barat. Kedua wilayah tersebut memiliki aturan yang berbeda tentang kebijakan PSBB dan bagaimana mencegah penularan corona.

"Saat ini kami memperpanjang masa pemberhentian sementara fasilitas pabrik Wuling. Kami pun akan terus melihat perkembangan situasi ke depannya dan kebutuhan pasar sebagai pertimbangan untuk beroperasinya kembali pabrik Wuling," singkat Media Relation Wuling Motors Indonesia, Brian Gomgom.

Meski demikian lelaki yang kerap disapa Gomgom ini pastikan saat pabrik Wuling kembali produksi, sistem kemanan dan kesehatan yang sesuai anjuran pemerintah akan menjadi prioritas utama.

Pabrik Mobil Wuling di CikarangPabrik Mobil Wuling di Cikarang Foto: Dok. Wuling Motors Indonesia

"Saat pengoperasian pabrik sudah kembali seperti biasa (sebelum virus Corona) produksi akan dilakukan secara bertahap, di setiap bagian khususnya di area produksi. Kami juga akan menyesuaikan dengan permintaan pasar serta anjuran pemerintah sebagai pertimbangan beroperasinya pabrik Wuling dengan kapasitas penuh," kata Gomgom.

Dalam pemberitaan detikOto sebelumnya, pabrik Wuling Motors yang berada di wilayah Cikarang awalnya mensetop sementara produksi mereka selama dua Minggu mulai 6 April 2020 lalu.

"Wuling Motors memutuskan untuk menghentikan sementara aktivitas produksi di fasilitas pabrik di Cikarang mulai dari hari senin 6 April 2020 sampai dengan tanggal 19 April 2020," ujar Media Relation Wuling Motors Indonesia, Brian Gomgom.

Gomgom menambahkan langkah ini dilakukan lantaran mengikuti imbauan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan melakukan physical distancing.
"Sejalan dengan anjuran pemerintah untuk menerapkan physical distancing dan tetap tinggal di rumah, dalam rangka pencegahan dan mengurangi penyebaran virus Corona," terang dia.

Tercatat ada empat model kendaraan yang diproduksi di Cikarang, yaitu seri Confero yang merupakan MPV pertama Wuling, seri Cortez yang bermain di segmen Medium MPV Formo untuk pasar Light Commercial Vehicle, dan SUV Almaz.

Sementara untuk gaji karyawan pabrik saat aktivitas dihentikan sementara itu tetap dibayarkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Penghentian aktivitas pabrik sementara tidak berpengaruh pada gaji karyawan." tandasnya.



Simak Video "Mobil China DFSK I-Glory Auto: Harga Manusiawi, Fitur Berlimpah"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com