Jumat, 15 Mei 2020 17:28 WIB

Daihatsu Tak Akan Keluarkan Mobil Baru Lagi Tahun Ini

Ridwan Arifin - detikOto
Daihatsu Sirion Terbaru Daihatsu Sirion mobil baru yang terakhir diluncurkan Daihatsu pada Maret lalu Foto: Pool (Daihatsu Indonesia)
Jakarta -

Penjualan anjlok, daya beli menurun membuat pabrikan otomotif berhati-hati tentukan strategi di tengah pandemi Corona. Salah satunya PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Daihatsu mengatakan tidak ada lagi rencana peluncuran mobil baru pada tahun 2020.

"Sampai hari ini (14/5) Daihatsu belum berencana untuk mengeluarkan model baru. Baik secara virtual ataupun secara online. Kami sudah selesai (peluncuran produk baru-Red) dengan New Ayla dan Sirion, jadi tidak berencana untuk mengeluarkan lagi yang lain," ujar Direktur Marketing PT ADM Amelia Tjandra saat konferensi virtual, Kamis (14/5/2020).

Bukan tanpa sebab, permintaan cenderung menukik turun, terlihat secara kumulatif pasar otomotif di Indonesia pada April 2020, hanya membukukan angka sebesar 24.300 unit atau turun 59,8 persen dibandingkan Maret 2020 yang mencapai sekitar 60.400 unit. Sementara pada April 2020 ini Daihatsu membukukan 5.200 unit atau turun 52,9 persen dibandingkan Maret 2020.

Amel menambahkan untuk menjaga stok level dealer yang sehat karena permintaan pasar yang menurun. Saat ini pihaknya berhenti produksi sementara.

"Kalau demand itu belum ada, daya beli belum ada, kami tidak mau berproduksi hanya untuk sebagai stok. Kalau tidak, itu akan memberatkan teman-teman di outlet (dealer-Red)," ungkap Amel.

Di tahun 2020 ini Daihatsu terakhir kali meluncurkan dua mobil baru sekaligus secara virtual, yakni adalah Daihatsu Sirion dan Ayla baru.



Simak Video "Di Jepang, Kakek-Nenek Dilatih Agar Aman Berkendara"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com