Senin, 11 Mei 2020 10:32 WIB

Prosedur Servis di Bengkel yang Masih Buka, Mobil Disemprot Disinfektan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Servis Mobil Saat Pandemi Virus Corona, Mobil Disemprot Disinfektan Bengkel mobil yang buka secara terbatas selama pandemi Corona. Foto: Istimewa
Jakarta -

Selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), tak banyak bengkel mobil yang mendapatkan izin untuk tetap buka. Namun, beberapa dealer dan bengkel mobil mendapat izin dari Kementerian Perindustrian untuk menyediakan layanan perbaikan mobil di masa pandemi virus Corona.

Memang, kebanyakan bengkel mobil terutama bengkel resmi menyediakan layanan servis mobil di rumah konsumen atau home service. Meski begitu, ada juga bengkel yang mendapatkan izin tetap buka untuk melayani perbaikan darurat (emergency service).

Direktur Utama Honda Megatama Group Hendra Aristyo mengatakan, pihaknya pada awalnya memang menghentikan pelayanan, bengkel dan dealer libur total. Namun, ada pelanggan yang butuh bantuan karena ada masalah pada mobilnya.

"Untuk itulah, setelah kita mendapat izin operasi, kita segera membuka layanan darurat di bengkel-bengkel kami," katanya seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima detikOto, Senin (11/5/2020).

Disebutkan, ada beberapa layanan perbaikan yang tidak bisa dikerjakan di rumah. Misalnya terjadi patah as roda, kecelakaan yang berakibat mobil tidak bisa jalan ataupun perbaikan-perbaikan yang membutuhkan peralatan khusus, layanan service di rumah tidak akan cukup.

Buka bengkel di tengah pandemi COVID-19, harus ada prosedur kesehatan yang harus dilakukan. Walaupun beroperasi terbatas, bengkel mobil Honda Megatama menjalankan protokol antisipasi COVID-19 secara ketat. Teknisi dan karyawan yang masuk semuanya wajib mengenakan masker. Tempat cuci tangan juga ditambah, juga disediakan hand sanitizer di berbagai sudut.

Servis Mobil Saat Pandemi Virus Corona, Mobil Disemprot DisinfektanServis Mobil Saat Pandemi Virus Corona, Mobil Disemprot Disinfektan Foto: Istimewa

Mobil pelanggan yang masuk segera dilakukan penyemprotan desinfektan eksterior dan interior. Usai mobil diperbaiki, mobil disemprot desinfektan sekali lagi sesaat sebelum diserahterimakan ke pelanggan.

Untuk yang ingin membeli mobil, menurut Hendra, konsumen bisa membeli unit mobil baru secara virtual. Cukup via telepon, WhatsApp, website atau via media sosial, pembelian mobil bisa dilayani.

"Kita proses, urusan administrasi beres, mobil kita kirim dengan kondisi sudah didesinfektan," sebutnya.



Simak Video "Hati-hati Memilih Bengkel Untuk Mobil Eropa "
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com